Foto: Dokumentasi BPPT  

nusakini.com - Kepala BPPT Unggul Priyanto didampingi Deputi TIRBR Erzi Agson Gani dan Deputi TAB Eniya L Dewi menerima kunjungan Kazuo Kyuma dari Lembaga Policy of Science, Technology and Inovation Japan-Sekretaris Kabinet Jepang, di BPPT, Jumat (3/3/2017).

Tujuan kunjungan ini adalah sebagai bentuk menjalin kerja sama pemerintah Jepang dengan BPPT dalam bidang inovasi, science dan teknologi yang mana difokuskan pada teknologi Informasi untuk menghidupkan dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Sebagaimana diketahui di Jepang sudah banyak sekali teknologi yang telah dikembangkan tetapi dalam bidang teknologi seperti penerbangan Jepang banyak tertinggal cukup jauh yang dikarenakan perang, sekarang ini pemerintah Jepang bertekad memperbaiki kekurangan dibidang penerbangan ini.

Oleh karena itu, menurut Kazuo Kyuma menyampaikan bahwa pemerintah Jepang membutuhkan dan sedang mengembangkan bahan baku serta menggali metode dari segi science mineral dan analisis komputernya.

Dikesempatan yang sama Unggul menjelaskan beberapa produk-produk yang telah dihasilkan oleh BPPT antara lain riset karet alam untuk ban pesawat, titanium untuk implan tulang, panas bumi untuk energi, fuel cell, teknologi informasi dan elektronika, railway, anti malaria, dan teknologi pangan.

Unggul menambahkan bahwa peranan BPPT dalam meningkatkan komponen teknologi di Indonesia itu mencakup enam bidang yakni Energi, Tranportasi, ICT, Material, Kesehatan, Teknologi Hankam dan Maritim. Sementara itu, Eniya menjelaskan bahwa BPPT telah banyak melakukan kerja sama dengan Jepang sebagai contohnya dengan Fuji Oil dan Sanyo.

Dengan kunjungan ini Jepang melalui Kedutaan Besarnya berharap kerja sama pemerintah Jepang dan BPPT dapat terjalin dengan baik terutama dibidang pengembangan teknologi, (p/mk)