BPJS Ketenagakerjaan Sosialisakan Jaminan Pensiun Ke Aparatur Desa Se-Sukabumi

By Admin


Nusakini.com--Sukabumi--Sosialisasi Peningkatan program dan Kepersertaan BPJS Ketenagakerjaan Bagi Seluruh perangkat dan Kelembagaan Desa Se-Kabupaten Sukabumi Rabu (19/12) dilaksanakan di Kecamatan Parungkuda.

BPJS Ketenagakerjaan menjelaskan 4 Perlindungan untuk perangkat dan Kelembagaan Desa yakni program jaminan hari tua, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian dan jaminan pensiun.

Dea Permatasari sebagai Relation Officer BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi dirinya menyampaikan kepada infodesaku, Dengan adanya program kerja untuk sosialisasi di kecamatan se-wilayah Sukabumi khususnya untuk perangkat Desa jadi tambahannya disini kita sosialisasikan program jaminan pensiun.

“Memang untuk saat ini Desa baru diikutsertakan 3 program yakni jaminan hari tua, kecelakaan kerja dan juga jaminan kematian Kami harapkan untuk tahun 2019 bisa masuk jaminan pensiun. Tanggapan sendiri dari pihak Desa-desa Alhamdulillah responnya sangat baik yang artinya dari setiap desa sudah menganggarkan untuk jaminan pensiun dan menganggarkan disini sudah dalam proses tentunya di 2019 Desa bisa diikut sertakan dengan 4 program yaitu tambahannya jaminan pensiun,” terangnya.

Masih kata Dea, “Tentu disini kami dari BPJS Ketenagakerjaan tugas kami adalah untuk melindungi setiap pekerja di seluruh Indonesia khususnya, tadi Saya sudah sampaikan sebenarnya bukan hanya tenaga kerja yang bekerja di perusahaan besar saja artinya mulai dari usaha mikro apalagi seperti lingkungan masyarakat yang sudah ada seperti petugas RT, RW, DKM koperasi UMKM ini kami harapkan bisa ikut serta dalam program BPJS Ketenagakerjaan khususnya untuk perlindungan dalam bekerja, jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian seperti itu sudah disampaikan,” tuturnya.

Sementara masih di tempat yang sama Ujang Sopandi Ketua Apdesi Kecamatan Parungkuda mengatakan bahwa menurutnya Kegiatan Sosialisasi ini sangat bagus mendukung dengan adanya program BPJS Ketenagakerjaan buat perangkat desa ada tambahan program jaminan pensiun menurut saya sangat luar biasa mendukung dengan adanya program untuk perangkat Desa.

“Mungkin nanti kami akan komunikasi dengan para Kades kaitan dengan anggaran yang nantinya akan memakai anggaran Desa kemudian seperti bagaimana nanti dengan Ketua RT/RW apakah Bisa tidaknya masuk, sebelumnya sudah di beritahukan untuk kerjasama dengan BPJS tiap Desa sudah menganggarkan baik BPJS tenaga kerja akun BPJS Kesehatan, untuk pada tahun 2019 supaya bisa masuk jaminan pensiun,” katanya.

Lanjut Ujang yang masih menjabat kepala Desa Pondokaso Landeuh ini, Di 8 Desa, perangkat dan kelembagaan desa yang sudah di daftarkan ke BPJS Ketenagakerjaan saya berharap pekerjaannya lebih disiplin, lebih meningkatkan kinerja khususnya di Pemerintahan Desa,” tutupnya.(r/rajendra)