BMKG Imbau Keselamatan Pelayaran Diutamakan

By Admin


nusakini.com-Jakarta-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau agar pelaku pelayaran, baik nelayan maupun pelaku usaha transportasi penyeberangan dari dan menuju Kepulauan Seribu untuk mengutamakan keselamatan dengan memperhitungkan faktor cuaca. 

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Klas I Tanjung Priok, Sugarin mengatakan, di wilayah DKI Jakarta, termasuk Kepulauan Seribu saat ini memasuki curah hujan dengan intensitas meningkat.

"Angin baratan diperkirakan terjadi hingga Februari mendatang, biasanya ditandai dengan adanya gelombang tinggi. Faktor cuaca ini sangat perlu diperhatikan untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya, Rabu (19/12). 

Sugarin menjelaskan, bagi pelaku usaha transportasi penyeberangan diminta untuk tidak memaksakan berangkat bila kondisi tidak memungkinkan. Meskipun, jumlah permintaan meningkat jelang libur Natal dan Tahun Baru. 

"Kalau cuaca tidak bagus sebaiknya ditunda. Untuk memudahkan pemantauan cuaca secara real time kami menyediakan aplikasi Info BMKG yang dapat diunduh melalui Play Store," tandasnya.(p/ab)