BLK Terbukti Kurangi Pengangguran

By Admin

nusakini.com--Salah satu upaya pemerintah pusat untuk mengurangi angka pengangguran adalah mendorong memaksimalkan peran Balai Latihan Kerja (BLK) di tingkat daerah. Pasalnya, keberadaan BLK memang terbukti telah mampu memberi peluang kerja dan menciptakan skill bagi pencari kerja. 

Upaya pemerintah pusat untuk mendorong memaksimalkan BLK dengan melakukan banyak kunjungan kerja di daerah-daerah pun perlahan berbuah manis meski belum sepenuhnya maksimal. Namun paling tidak upaya tersebut sudah bisa dijadikan ukuran sementara. 

Saat ini, Pemkab Balangan kembali menyelenggarakan dan membuka pendidikan dan pelatihan kerja bagi para pencari kerja di Balangan. Melalui BLK Balangan, pendidikan dan pelatihan kali ini terbilang banyak peminat, setidaknya jumlah peserta yang mengikuti 80 orang. 

Pembukaan pelatihan langsung dilakukan oleh Wakil Bupati Balangan Syaifullah, kemudian juga hadir Kepala Dinas Sosial, Transmigrasi dan Tenaga Kerja, Kepala UPT BLK Balangan, Danramil, Kapolsek Batumandi serta perwakilan perusahaan. 

Kepala Dinas Sosial, Transmigrasi dan Tenaga Kerja, Ribowo mengatakan, peserta sebanyak 80 orang yang mengikuti pelatihan terdiri dari lima jurusan. Disebutkannya, kelima jurusan tersebut adalah komputer, las, ac, menjahit dan otomotif. 

"Mereka akan mengikuti pelatihan selama satu bulan penuh," kata Ribowo, Kamis, (14/7). 

Menurut Ribowo, pihaknya mengharapkan melalui pelatihan diberbagai kejuruan, BLK Balangan berupaya untuk membekali kerja agar dapat terserap pasar kerja, dan terlebih lagi untuk dapat memperluas serta menciptakan lapangan kerja.(p/ab)