BLK Bantaeng Resmikan Program Pelatihan Mekanik Otomotif

By Admin

nusakini.com-- Dalam rangka meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) pada bidang otomotif, Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker) melalui Direktorat Jenderan Pembinaan dan Pelatihan Produktivitas Tenaga Kerja (Binalattas) bekerja sama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) dan Ehime Toyota Motor Cooperation (Ehime Toyota) untuk menyelenggarakan program pelatihan kerja baru di Indonesia, yakni pelatihan mekanik otomotif. Pelaksanaan program ini ditandai dengan diresmikannya program pelatihan tersebut di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Bantaeng. 

“BLK merupakan solusi terbaik dalam meningkatkan SDM di Indonesia, khususnya Bantaeng. Apalagi di era MEA ini kita dituntut untuk mampu memanfaatkan berbagai potensi yang ada,” ungkap Sekjen Kemnaker Abdul Wahab Bangkona saat peresmian Jurusan Pelatihan Mekanik Otomotid di BLK Kabupaten Bantaeng. 

Turut hadir dalam peresmian tersebut Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah bersama Wakil Gubernur Prefecture Ehime Toyota Motor Corporation Jepang Mr. J. Toshifumi, Direktur Ehime Toyota Mr. Hidekazu Futagami, Dirut Toyota Kalla Makassar Fatimah Kalla dan pimpinan Japan International Corporate Agency (JICA) Indonesia Mr. Masatushi Takahashi. 

Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah mengatakan, Sekolah Mekanik Toyota di Bantaeng tersebut nantinya akan menghasilkan mekanik otomotif andal berstandar internasional. Para peserta pelatihannya nantinya akan langsung diterima di Toyota. Untuk tahap pertama, sekolah mekanik Toyota yang bekerjasama dengan BLK Bantaeng ini menerima 16 siswa yang disaring dari ratusan pendaftar dan akan dilatih khusus selama 2 tahun oleh tenaga pengajar bersertifikat dari Toyota Ehime Jepang. 

“Sekolah mekanik yang dirancang sejak 3 tahun lalu ini akan menjawab kebutuhan tenaga mekanik Toyota, sekaligus upaya untuk mengembalikan kejayaan Bantaeng di bidang pendidikan,” ujar Nurdin. 

Selain itu, Dirut Toyota Kalla Makasar Fatimah Kalla memaparkan, output dari pelatihan tersebut akan membantu pertumbuhan industri mobil Toyota, khususnya di Sulawesi Selatan. Pelatihan tersebut akan sangat membantu pengusaha dalam mencari SDM yang siap pakai. 

“Peserta didik di sekolah mekanik Toyota ini akan melakukan latihan praktek di Toyota Kalla, serta lulusannya akan diterima di bengkel Toyota Kalla yang berjumlah 21 unit dan unit-unit bengkel Toyota lainnya,” paparnya. 

Dalam peresmian sekolah mekanik Toyota ini juga turut dirangkaikan penyerahan 53 unit mobil ambulance, mobil pengangkut sampah dan mobil pemadam kebakaran hibah dari Ehime Toyota Jepang pada 8 Pemerintah Kabupaten, yakni Bantaeng, Jeneponto, Pinrang, Enrekang, Gorontalo Utara, Palopo, Gunung Sitoli dan Palangkaraya.(p/ab)