Bimtek Pekerti Tingkatkan Wawasan Pengetahuan Dosen Polbangtan

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Yogyakarta--Dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan serta wawasan Dosen dan calon dosen Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) lingkup Kementerian Pertanian tehadap prinsip-prinsip pedagogik, metodologi dan keterampilan mengajar dosen di perguruan tinggi agar dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar Mahasiswa. 

Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian melalui Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) melakukan Kegiatan Bimbingan Teknis Ketrampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti) di LPP Convention Hotel DI Yogyakarta dan berlangsung selama 4 hari dari tanggal 21 sampai 25 Juli 2019. Mewakili Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Direktur Polbangtan Yogyakarta-Magelang, Dr. Rajiman, SP, MP membuka secara resmi kegiatan ini. 

Didepan lebih dari 40 peserta yang hadir, Dr. Rajiman berpesan bahwa pentingnya Dosen untuk terus meningkatkan dan mengembangkan pengetahuannya karena kualitas kelulusan dari alumni sebuah perguruan tinggi sangat tergantung dengan kualitas para Dosennya. 

“Saya berharap kegiatan Bimtek Pekerti ini dapat mengakomodir perkembangan teknologi yang ada saat ini terkait pengembangan di era 4.0 karena saat ini kita sudah bertransformasi ke arah Pendidikan vokasi tentunya metode dan proses pembelajaran akan berubah kearah Pendidikan vokasi yang belibatkan dunia usaha dan dunia industry (DUDI) “ ujarnya.

Pada kegiatan ini Pusdiktan bekerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Perwakilan dari UNY, Prof. Dr. Anik Ghufron, M.Pd menyampaikan bahwa UNY siap untuk memberikan pelatihan dan simulasi dalam rangka pengembangan pengetahuan dan wawasan Dosen.

Diharapkan setelah mengikuti Bimtek Pekerti ini peserta akan memiliki kemampuan diataranya : 1) Memahami berbagai teori belajar dan motivasi, dasar-dasar komunikasi dan keterampilan mengajar, model-model dan metode pembelajaran, media pembelajaran dan E-Learning; 2) Memahami Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi; 3) Memahami dan menyusun kurikulum; 4) Memahami dan melakukan penilaian proses dan hasil belajar; 5) Melakukan analisis Kompetensi; 6) Melakukan pengembangan SILABUS, RPP/ SAP; dan 7) Memahami dan mengerti mengenai Sertifikasi Dosen. (bayu)