Bila Diperlukan, Kadin Dukung Pemerintah Kerek Suku Bunga Acuan

By Admin

nusakini.com--Pelaku usaha meminta pemerintah dan Bank Indonesia (BI) kembali mengambil langkah cepat lain setelah menaikkan tingkat suku bunga acuan 0,25 poin. Langkah ini harus segera dilakukan, mengingat Bank Sentral Amerika Serikat (AS) berencana menaikkan suku bunganya lagi. 

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P. Roeslani mengatakan para pengusaha telah mengantisipasi kenaikan suku bunga BI menjadi 4,5 persen. Bahkan, mereka juga telah siap apabila BI kembali menaikkan suku bunga 7-days repo rate. 

Menurutnya, para pengusaha lebih khawatir lagi apabila suku bunga AS kembali naik. Dampaknya bisa cukup besar terhadap perekonomian Indonesia, terutama pada investasi dan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.  

"Pemerintah harus bertindak cepat, The Fed juga akan menaikkan lagi suku bunganya," kata dia belum lama ini.

Menurut Rosan, kenaikan suku bunga ini tidak akan memberatkan dunia usaha. Apalagi, kenyataannya selama ini, dengan suku bunga acuan yang rendah penyerapan pinjaman ternyata belum maksimal. Pihaknya menilai, dampak positif dari suku bunga yang rendah belum signifikan.(p/ab)