Bersama Masyarakat, 10 Mahasiswa KKN PPM Unhas Hadiri Sosialisasi Kewaspadaan Penyakit Menular

By Abdi Satria


nusakini.com-Bone-Dalam rangka meningkatkan pelayan kesehatan, Puskesmas Watampone melaksanakan pertemuan jejaring dalam kewaspadaan dini penyakit menular di masyarakat. Kegiatan sosialisasi ini digelar di Kantor Lurah Watang Palakka, Kabupaten Bone, Senin (1/7).

Hadir dalam kegiatan tersebut petugas kesehatan dari Puskesmas Watampone, kepala lingkungan, serta masyarakat Kelurahan Watang Palakka.

Hadir pula 10 mahasiswa Unhas yang melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata Pengabdian Pada Masyarakat (KKN PPM) di Watang Palakka, Kecamatan Tanete Riattang Barat.

Ramlah sebagai fasilitator menjelaskan bagaimana bahaya, dampak serta cara mengobati Demam Berdarah, rabies dan TBC (tuberculosis). Dalam pemaparannya ia berpesan bahwa masyarakat harus jeli melihat kondisi disekitar tempat tinggalnya.

"Lihat hal-hal yang ada disekitar jangan sampai ada penyakit menular yang ada disekitar kita, sehingga orang orang tersebut bisa menularkan kepada orang lain," ucapnya.

Ramlah berharap dengan kegiatan ini masyarakat bisa mandiri untuk mengetahui kondisi yang ada disekitarnya.

"Masyarakat harus memperhatikan hal sekitar, khususnya penyakit menular. Masyarakat harus bisa merespon cepat kalau ada kasus disekitarnya. Mereka harus sampaikan kepada kita," harapnya.(rudi)