Bersama BPBD, Pertamina Ringankan Beban Korban Banjir Makassar

By Admin

nusakini.com--dr. Rusli, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar, sibuk membantu evakuasi warga korban banjir di Kelurahan Masale, Kecamatan Panakkukang hingga Kamis (21/12) tengah malam. Saking fokusnya membantu warga, hingga baru menyadari bahwa rumahnya pun terendam banjir dari informasi tetangganya. Barulah ia bergegas pulang untuk mengevakuasi keluarganya. 

Bersama dr. Rusli dan Lurah Masale, Siti Aryani, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VII menyerahkan bantuan logistik berupa sembako dan kebutuhan harian senilai Rp 50 Juta bagi korban banjir di beberapa wilayah di Kota Makassar. Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Operation Head TBBM Makassar, Bambang Soeprijono didampingi Unit Manager Communication & CSR MOR VII, M. Roby Hervindo kepada warga korban banjir di Posko Banjir Kelurahan Masale, Kecamatan Panakkukang, Jumat (22/12). 

Bantuan terdiri dari beras 1.500 kilogram, gula pasir 150 kilogram, mie instan 300 kardus, teh 150 kotak, dan kopi 90 kotak. “Bantuan ini adalah sedikit upaya kami untuk meringankan beban masyarakat yang tertimpa musibah banjir. Kami berharap bantuan ini dapat bermanfaat,” ujar Unit Manager Communication & CSR MOR VII, M. Roby Hervindo. 

Sebagian wilayah di Kota Makassar mengalami banjir setelah diguyur hujan deras selama tiga hari berturut-turut, sejak Rabu (20/12). Ketinggian air bahkan mencapai 1,5 meter di beberapa wilayah, sehingga merendam ratusan rumah warga. Di Kelurahan Masale sendiri, terdapat 25 kepala keluarga (KK), dengan lebih dari 102 jiwa yg terdampak banjir.  

"Kedalaman banjir mencapai sedada orang dewasa, mengakibatkan sebagian warga mengungsi ke masjid dan gereja setempat," ujar Lurah Masale, Siti Aryani. Ibu Aci, salah seorang warga yang rumahnya terendam banjir mengatakan bahwa daerahnya memang langganan banjir, namun belum pernah separah kali ini.   

Menurut keterangan dr. Rusli, lebih dari 70 petugas BPBD dikerahkan non-stop untuk membantu evakuasi warga. Dengan luasnya wilayah terdampak, menjadi tantangan tersendiri dalam evakuasi. 

Dalam pendistribusian bantuan ini, Pertamina berkordinasi dengan BPBD Kota Makassar untuk membantu penyaluran bantuan ke posko-posko banjir di beberapa wilayah yang terkena dampak banjir di Kota Makassar. Roby menambahkan, Pertamina juga akan terus menyalurkan BBM dan LPG di beberapa wilayah terdampak banjir.  

“Bantuan ini merupakan bagian dari program Pertamina Peduli yakni Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina dalam memberikan bantuan tanggap darurat bagi korban bencana yang juga sejalan dengan program BUMN Hadir untuk Negeri ini yakni komitmen Pertamina sebagai BUMN untuk hadir di tengah masyarakat,” tutup Roby.(p/rajendra)