Berkah Bulan Ramadan, 33 TKI Kembali Direpatriasi

By Admin

nusakini.com--KBRI Damaskus melakukan repatriasi WNI/TKI gelombang ke-275 sebanyak 33 orang WNI/TKW pulang ke Indonesia via Bandara Beirut, Libanon pekan lalu. Para TKW yang direpatriasi tersebut sebagian besar berasal dari Jawa Barat, sisanya berasal dari Jateng, Jatim, dan NTB yang berhasil dipulangkan setelah segala permasalahan dan hak-haknya dengan majikan diselesaikan. Repatriasi kali ini didampingi oleh staf KBRI Damaskus, Sdr. Amiruddin Thamrin. 

Dengan keberangkatan sebanyak 33 WNI/TKW ini, saat ini di shelter KBRI Damaskus masih terdapat 21 WNI yang diduga kuat korban perdagangan manusia. 

Duta Besar RI di Damaskus, Djoko Harjanto, menegaskan bahwa pemulangan atau repatriasi WNI ini merupakan program yang telah berlangsung sejak tahun 2011 karena situasi keamanan di Suriah yang masih sangat mengkhawatirkan dan tidak mungkin kontrak kerjanya diperpanjang lagi. Karena kebijakan pemerintah RI untuk menghentikan secara permanen pengiriman tenaga kerja untuk sektor perorangan ke seluruh negara di Timur Tengah. 

Sementara Pejabat Protokol Konsuler sekaligus Pejabat Ekonomi, Makhya Suminar menambahkan bahwa sebanyak 5 (lima) dari 33 (tiga puluh tiga) WNI/TKW yang dipulangkan tersebut diduga kuat adalah korban perdagangan orang (TPPO) yang dikirim pasca moratorium penghentian penempatan TKI ke Suriah pada tahun 2011, dengan indikator utama adalah tidak adanya perjanjian kerja atau kontrak kerja, yang antara lain harus menyebutkan negara tujuan, besarnya gaji dan masa berlakunya kontrak/perjanjian kerja. 

"Dengan keberkahan bulan suci Ramadhan mudah-mudahan segala uruasan repatriasi WNI/TKW berjalan dengan lancar dan diharapkan tidak ada lagi masuknya TKW ilegal ke Suriah, sehigga program repatriasi ini dapat segera selesai," ujar Makhya. (p/ab)