nusakini.com-Makassar - Kosmik Space telah resmi dibuka  pada Jumat (21/2) pukul 10.30 Wita pagi tadi oleh ketua umum Kosmik, Taufik Syahrandi. Acara ini bertempat Aula Prof. Syukur Abdullah lantai 3 Fakultas ilmu sosial ilmu politik Universitas Hasanuddin.

Kegiatan Kosmik Space mengusung tema "Relize the unnoticed". Kosmik Space adalah kegiatan yang dibuat untuk mengapresiasi karya-karya yang telah dibuat oleh warga Kosmik. Selain itu kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi wadah pertukaran gagasan.

Berbagai rangkaian acara dihadirkan untuk mengisi kegiatan ini, salah satunya adalah gelar wicara atau talkshow. Talkshow yang pertama adalah "Aku percaya maka aku benar" yang akan membahas seputar fenomena posts-truth. Talkshow ini dibawakan oleh tiga orang panelis yaitu Ayu Adriani dan Ruang Antara, Dr. Rahmad M. Rasyat selaku dosen universitas Binus Jakarta, dan Muhammad asratillah yang merupakan direktur dari profetik institute.

Ketiga panelis ini membahas mengenai Posts-truth dari sudut pandang yang berbeda. Ayu Adriani lebih fokus membahas peranan media Massa yang menciptakan Posts-truth dengan menggunakan logaritma dan mempengaruhi masyarakat banyak dan menyebabkan obesitas akan informasi. "Tetapi, Posts-truth dapat dicegah dengan mengembangkan kerja-kerja jurnalisme sehingga masyarakat dapat membedakan berita-berita yang kurang tepat", tambahnya.

Kemudian, Dr. Rahmad M. Rasyat membahas mengenai awal mula kemunculan Posts-truth. Beliau mengatakan Posts-truth muncul diakibatkan oleh orang-orang yang memiliki otoritas dan dianggap pakar dan menyebarkan informasi-informasi yang kurang tepat. Akan tetapi, Posts-truth dapat di lawan dengan meningkatkan lagi literasi karena dengan literasi Masyarakat dapat memiliki pengetahuan yang luas dan benar.

Dan terakhir Muh. Asratillah S. menjelaskan bahwa Posts-truth atau yang sering dianggap sebagai berita bohong muncul dikarenakan banyak pakar-pakar yang memberikan informasi tidak sesuai dengan bidangnya dan juga Muh. Asratillah S. Menambahkan bahwa Posts-truth dapat dimaknai dimana rasionalitas dan objektivitas dikalahkan oleh rasa.

Talkshow ini di ikuti lebih dari 60 orang dan dimulai pada pukul 10:00 dan berakhir pada pukul 12:00. Yang di tutup oleh sesi tanya jawab oleh pemateri. Kosmik space akan kembali dilanjutkan dengan talkshow mengenai Ruang Gema pada pukul 15:00 WITA. (nurul hidayah)