Beragam Kegiatan akan Ramaikan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta akan mengadakan serangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia bertajuk "Beat Air Pollution" di Lapangan Banteng, Sawah Besar, Jakarta Pusat, pada Sabtu 6 Juli 2019 mulai pukul l 07.00-12.00 WIB. 

Rencananya, sejumlah kegiatan yang akan diselenggarakan yakni, lomba lukis dengan media tas belanja ramah lingkungan dengan peserta para pelajar mulai dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah (SMA), serta penyandang disabilitas.

Kepala Bidang Peran Serta Masyarakat Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Djoko Riyanto mengatakan, untuk objek lukisan adalah beragam tanaman yang dapat mereduksi polutan. 

"Melalui kegiatan ini kami ingin memberikan edukasi pada anak usia dini untuk mengenal berbagai jenis tanaman yang memiliki manfaat untuk meminimalisir polusi dan meningkatkan kualitas udara," ujarnya, Selasa (2/7). 

Djoko menjelaskan, pendaftaran dapat dilakukan langsung di lokasi atau melalui media sosial resmi Dinas LHProvinsi DKI Jakarta. Bagi pemenang Juara 1, 2, dan Juara 3 akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan karyanya akan dipajang di kantor Dinas Lingkungan Hidup. 

"Pengumuman pemenang akan diumumkan di hari bersamaan pelaksanaan acara," terangnya. 

Ia menambahkan, selain lomba melukis, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta juga melaksanakan uji emisi bagi kendaraan khusus roda empat dengan bahan bakar bensin atau diesel. 

Sementara, Kepala Seksi Penanggulangan Pencemaran Dinas LH DKI Jakarta, Agung Pudjo menambahkan, pengunjung atau pengemudi yang melintas di kawasan Lapangan Banteng dapat melakukan uji emisi kendaraannya di tiga tenda yang nantinya disediakan.Pendaftaran uji emisi kendaraan juga bisa dilakukan langsung di lokasi atau dengan menggunakan aplikasi Uji Emisi yang dapat diunduh di Google Play/Play Store. 

" Pelaksanaan uji emisi kami layani mulai pukul 07.00 sampai 12.00. Dalam kegiatan memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tersebut kami juga akan melakukan pembuatan lubang biopori dan penanaman tanaman pelindung," tandasnya.(p/ab)