Bepergian yang Aman dan Menyenangkan bersama Safe Travel Kemlu

By Admin

nusakini.com--Kementerian Luar Negeri meluncurkan inovasi terbaru dalam upaya melindungi Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri. Situs www.peduliwni.kemlu.go.id dan memperluas aplikasi mobile 'Safe Travel Kemlu' yang sudah diluncurkan pada 2017 lalu menjadi multi-platform ((android, iOS, web, dan media sosial). 

“Secara garis besar, website peduli WNI lebih mengedepankan keamanan sehingga tidak dibuatkan mobile version-nya. Sedangkan aplikasi Safe Travel memiliki unsur fun, jadi perjalanan WNI akan aman dengan informasi yang ada sekaligus menyenangkan karena banyak fiturnya," ungkap Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu, Lalu Muhamad Iqbal. 

Kedua inovasi ini akan dikenalkan kembali ke publik dalam pekan pameran Perlindungan WNI bertema 'Responsibly Fun' yang akan berlangsung pada 11 – 15 April 2018 di Central Park, Jakarta. 

Melalui inovasi ini, Kemlu berharap WNI yang sedang berada di luar negeri tidak akan merasa 'sendiri'. Kementerian Luar Negeri akan selalu mendampingi dalam memberi pelayanan dan perlindungan bagi WNI. 

Data Kementerian Luar Negeri menunjukkan sebanyak 2.978.446 WNI berada di luar negeri. Dari jumlah tersebut, mayoritas sebesar 2.825.939 merupakan pekerja migran, sisanya terdiri atas pelajar dan Anak Buah Kapal (ABK). Sementara itu, tercatat 18 juta WNI berpergian ke luar negeri untuk keperluan wisata, termasuk wisata religi (haji dan umroh). (p/ab)