Belajar dari Kalasatama, Percontohan Smart City di Finlandia

By Admin


nusakini.com-Kalasatama-Kalasatama merupakan salah satu distrik percontohan smart city di Kota Helsinki, ibukota Finlandia. Pada distrik ini dikembangkan berbagai sarana dan prasarana kota yang memanfaatkan teknologi untuk kehidupan yang lebih baik, seperti teknologi pengelolaan sampah, bangunan yang ramah terhadap lingkungan, penyediaan fasilitas umum di mal, dan sebagainya. 

"Indonesia yang sedang mengembangkan 100 smart city diharapkan mengadopsi penggunaan teknologi. Smart city Helsinki tidak hanya berorientasi pada penggunaan ICT, tetapi teknologi lain untuk kehidupan kota yang lebih baik," ujar Deputi Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa saat berkesempatan mengunjungi Kalasatama untuk studi tiru, pekan lalu.  

Finlandia merupakan sebuah negara Nordik yang terletak di Eropa Utara, serta anggota dari Uni Eropa, dan bagian dari kawasan geografi Fennoscandia, yang di dalamnya juga termasuk Skandinavia dan sebagian Rusia. 

Dahulu, Kalasatama adalah kawasan sepi dan terpinggirkan yang disulap menjadi kota elit. Smart city ini merupakan pilot project hasil kerjasama dari semua stakeholder termasuk masyarakat. Perkembangan kota ini dibangun sejak tahun 2011, dan sekarang telah berpenghuni sekitar 3.000 orang dari target di 2035 sebanyak 25.000 orang. 

Kemajuan Kalasatama tersebut diharapkan menjadi contoh bagi Indonesia untuk membangun smart city. Transformasi Kalasatama dari sebuah wilayah terpencil menjadi wilayah yang maju, diharapkan menjadi motivasi bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Meningkatnya pelayanan publik, juga menjadi pemicu peningkatan taraf hidup masyarakat. (p/ab)