Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari penderita asam urat

By Admin


nusakini.com - Asam urat merupakan masalah kesehatan yang menyerang sendi-sendi. Peradangan yang terjadi pada sendi ini karena adanya penimbunan kristal, sudah tentu sangat tidak nyaman rasanya bila penyakit ini menyerang daerah sendi sendi jari tangan sikut bahkan hingga terasa pada lutut bahkan kaki.

terserang Asam urat pastinya sesuatu yang menyulitkan, karena membuat anggota tubuh yang terserang menjadi kaku sehingga bisa membuat terhambatnya aktifitas kita sehari hari, bahkan kita merasa kesulitan tidur.

lalu gimana caranya supaya asam urat tidak menghinggapi dan menyerang anda ? tentunya anda perlu mengkonsumsi obat yang paling manjur agar penyakit ini tidak semakin parah dan kelamaan hinggap pada sendi-sendi anda. Namun sebelumnya pastikan anda menunjungi dokter agar mendapatkan obat yang benar dengan dosis yang tepat supaya BBkadar kristal yang ada pada sendi berangsur berkurang dan hilang.

Tapi alangkah baiknya jika anda juga tidak terus menerus mengandalkan obat saja, agar asam urat anda cepat sembuh perlu menjalani gaya hidup dan pola makan yang baik untuk pastikan penyakit ini tidak menyerang anda lagi. hindari makanan dan minuman yang mengandung tinggi purin dan minumlah air putih secukupnya setiap hari. Karena percuma saja anda minum obat tapi tidak menghindari makanan yang mengakibatkan meningkatnya asam urat dalam darah anda.

Trus apa saja sih makanan yang sebaiknya dihindari, ada beberapa jenis sayuran sepert  kacang panjang,sayur bayam, kembang kol, jamur, kacang tanah, kacang kedelai juga minuman yang mengandung soda. Disamping itu kerang juga harus dihindari karena hewan yang satu ini kandungan purinnya tinggi, namun boleh saja konsumsi makanan laut dan disarankan oleh para ahli sebanyak 4-6 ons setiap harinya. Jeroan pun sebaiknya dihindari, Daging merah yang dianjurkan adalah daging sapi dan bukan kambing atau domba. 

Tetaplah menjaga agar berat badan ideal dan menjalani gaya hidup serta pola hidup sehat, Jangan lupa juga lakukan olah raga ringan secara rutin agar badan tetap bugar. (k/sr)