BBM 1 Harga Resmi Berlaku di Kecamatan Melonguane Kepulauan Talaud

By Admin

Foto/dok. Pertamina  

nusakini.com - Sebagai bagian dari program BBM Satu Harga yang dicanangkan Pemerintah, Pertamina bersama Kementrian ESDM meresmikan SPBU Kompak 76.95806 di Kecamatan Melonguane, Pulau Karakelang, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara. Peresmian ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi IGN Wiratmaja, Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa, General Manager Pertamina Marketing Operation Region VII Joko Pitoyo serta Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyuni Maria Manalip, SE dan jajaran Forkopimda Kabupaten Kepulauan Talaud.

SPBU Kompak 76.95806 ini adalah salah satu lembaga penyalur yang dioperasikan Pertamina bersama mitra untuk mendukung program BBM Satu Harga yang dicanangkan Pemerintah. Selain di Kecamatan Melonguane ini, sekarang juga sedang dalam proses pembangunan SPBU Kompak di Pulau Kabaruan yang juga terletak di Kabupaten Kepulauan Talaud.

SPBU Kompak adalah lembaga yang didirikan Pertamina bekerja sama dengan mitra untuk memenuhi kebutuhan BBM di suatu area/wilayah yang belum layak dibangun SPBU Reguler atau belum ada penyalur lain atau daerah pedalaman atau pulau yang lokasinya terpisah dengan Terminal BBM.

Sampai dengan Juni 2017, secara nasional Pertamina telah merealisasikan pengoperasian lembaga penyalur BBM Satu Harga sebanyak 21 titik di daerah-daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal atau 3T. Untuk Sulawesi, secara keseluruhan akan ada 13 SPBU Kompak yang merupakan bagian dari Program BBM Satu Harga dan diharapkan dapat beroperasi seluruhnya dalam 2 tahun kedepan. SPBU Kompak di Melonguane ini adalah SPBU Kompak ke dua yang telah beroperasi dari 13 yang direncanakan tersebut.

Proses pemetaan hingga terealisasinya lembaga penyalur BBM Satu Harga di suatu wilayah memang memerlukan waktu karena setelah lokasi ditetapkan, Pertamina perlu melakukan survey transportasi BBM, menggandeng investor lokal menjadi mitra, pembangunan infrastruktur, hingga akhirnya lembaga penyalur berupa SPBU Kompak tersebut beroperasi.

Dengan adanya SPBU Kompak ini, sekarang masyarakat Kepulauan Talaud khususnya di Pulau Karakelang dapat membeli produk Premium dengan harga Rp 6.450,- / liter, produk Pertalite seharga Rp 7.500,- / liter, dan produk Solar seharga Rp 5.150,- / liter. Sebelum SPBU kompak ini didirikan, harga BBM di tingkat pengecer rata-rata berkisar antara Rp.10.000,- hingga Rp.11.000,- per liter.

Supply BBM ke SPBU Kompak 76.95806 Melonguane dikirim menggunakan kapal tongkang yang menempuh waktu 20 jam dari Terminal BBM Bitung, Sulawesi Utara. Sedangkan volume BBM di SPBU ini dialokasikan sesuai kuota pemerintah, yaitu 100 KL Premium dan 30 KL Solar per bulan. SPBU Kompak ini juga akan melayani penjualan produk Pertalite sehingga masyarakat setempat memiliki pilihan untuk menggunakan SPBU Non Subsidi yang kualitasnya lebih baik.

SPBU 76.95806 di Kecamatan Melonguane ini merupakan SPBU Kompak ke-3 yang didirikan di Kabupaten Kepulauan Talaud. Dua SPBU Kompak lainnya adalah SPBU 76.95803 di Kecamatan Beo yang juga tertelak di Pulau Karakelang, dan SPBU 76.95801 di Kecamatan Lirung yang terletak di Pulau Salibabu.

“Pendirian SPBU Kompak ini kami harap membawa dampak positif bagi kegiatan perekonomian di wilayah Melonguane, terutama karena wilayah ini juga merupakan kota pemerintahan dan administratif di Kabupaten Kepulauan Talaud. Dengan BBM satu harga semoga dapat menambah kesejahteraan masyarakat,” ujar Joko Pitoyo ditemui dalam kesempatan tersebut. (p/ma)