Basic Design Elevated Loop Line Ditarget Rampung Tiga Bulan

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, sepakat merampungkan pembangunan elevated loop line sebagai salah upaya penataan sistem transportasi masal. Karena itu, dalam waktu dekat Design Enginering Detail (DED) akan dirampungkan.


"DED atau basic design Loop Line kita akan selesaikan kira-kira tiga bulan. Setelah itu baru kita akan mulai semacam tender," ujar Budi Karya


Menurutnya, pembangunan diperkirakan membutuhkan anggaran sekitar Rp 12-15 triliun. Secara teknis, koordinasi perampungan DED akan dikoordinasikan melalui tim kecil yang dibentuk Kementerian Perhubungan dan Pemprov DKI. 


Anies menambahkan, pembangun jalur melayang selain akan mengatasi kemacetan di titik simpang tak sebidang, juga bisa meningkatkan volume perjalanan yang otomatis berdampak pada penambahan jumlah penumpang.


"Loop Line Insya Allah kita segerakan untuk membahas lebih jauh persiapannya. Jadi DED nanti prosesnya akan kita mulai," katanya.


Diakui Anies, kedua pihak belum sampai membahas sumber anggaran pembiayaan pembangunan.


"Kita siapkan DED dulu, kemudian dari situ dibuat perencanaan lebih matang mengenai penganggaran," tandasnya. (pr/kj/al)