Banyak Manfaat Diperoleh dengan Mengajar Anak Memasak

By Admin

Mengajari Anak Memasak (Ilustrasi) 

nusakini.com - Membangun ikatan batin antara orangtua dan anak, melatih motorik, dan membentuk kebiasaan makan sehat merupakan manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan memasak bersama anak.

Karena itu ketika anak mulai tertarik dengan kegiatan dapur, ibu tidak perlu ragu melibatkannya dalam masak-memasak. Teknik memasak apa yang paling mudah dan aman untuk diperkenalkan anak di awal mereka belajar memasak?

Kebanyakan orang berpikir merebus atau menggoreng merupakan teknik paling sederhana. Namub Stefu Santoso, Executive Chef di AMUZ Gourmet Restaurant, memberikan saran, pada awal anak belajar memasak, yang paling mudah justru belajar baking atau membuat kue.

"Baking itu prosesnya lebih simpel, karena pada dasarnya hanya mencampurkan bahan-bahan seperti tepung, susu, gula, dan telur. Setelah adonan jadi, anak-anak akan senang diajak membentuk-bentuk kue," urai chef Stefu sebagaimana dikutip dari laman aura.co.id.

Dibanding memasak sayuran yang melibatkan alat-alat seperti pisau, kompor, dan minyak atau air panas, proses membuat kue lebih aman karena hanya menggunakan mixer dan oven.

"Memanggang dengan oven itu lebih aman ketimbang memegang pisau," jelas chef Stefu yang tergabung dalam Association of Culinary Professionals Indonesia (ACPI).

Inilah sebabnya di sekolah-sekolah memasak, umumnya masakan pertama yang diajarkan pada anak adalah membuat kue.(b/mk)