Bantai Meksiko 7-0, Cile Genggam Tiket Semifinal Copa America 2016

By Admin

nusakini.com--Juara bertahan  Cile tampil ganas saat menghadapi Meksiko pada babak perempatfinal Copa America 2016 di Levi's Stadium, Santa Clara, Minggu (19/6). Cile menutup laga dengan kemenangan telak 7-0. 

Eduardo Vargaz tampil sebagai bintang kemenangan Cile dengan menciptakan empat gol. Penyerang Edson Puch menciptakan sepasang gol. Satu gol Cile lainnya dicetak oleh Alexis Sanchez.

Lawan Cile pada babak semifinal adalah Kolombia. Partai semifinal antara Kolombia melawan Cile akan berlangsung di Soldier Field, Chicago, (22/6/2016). 

Timnas Meksiko turun dengan skema 4-5-1 dan mengandalkan Jvier 'Chicharito' Hernandez sebagai penyerang tunggal. Adapun, Cile bertumpu pada trio Eduardo Vargaz, Alexis Sanchez, dan Edson Puch di lini serang dalam balutan skema 4-3-3. 

Cile bermain agresif sejak awal pertandingan. Kecepatan Vargaz dan Sanchez, yang kerap bermain melebar ke sisi sayap, menjadi andalan Cile dalam membongkar pertahanan Meksiko. 

Pertandingan menginjak menit ke-10, Cile menebar ancaman ke gawang Meksiko. Tembakan kaki kanan Edson Puch ke pojok kanan gawang mampu ditepis oleh penjaga gawang Gullermo Ochoa. 

Cile berhasil membobol jala Meksiko enam menit berselang. Tembakan keras Marcelo Diaz masih mampu ditepis oleh Ochoa. Namun, bola muntah berhasil dikonversi menjadi gol oleh Edson Puch. 1-0 Cile unggul. 

Eduardo Vargaz menambah keunggulan Cile satu menit menjelang laga babak pertama berakhir. Menerima umpan silang datar Alexis Sanchez, Vargaz dengan tenang melepas tembakan kaki kanan datar ke pojok kiri gawang. Keunggulan 2-0 Cile bertahan hingga turun minum. 

Cile tetap tampil agresif pada babak kedua, meski sudah memiliki keunggulan 2-0 pada babak pertama. Setelah menjadi aktor bagi terciptanya gol kedua Cile, Alexis Sanchez berhasil mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-49. 

Arturo Vidal berhasil mengelabui penjaga gawang Ochoa. Dia kemudian mengirimkan umpan pendek dan dengan mudah diceploskan ke dalam gawang yang sudah kosong oleh Sanchez. Cile unggul 3-0. 

Tiga menit berselang, Vargaz mencetak gol keduanya untuk Cile. Dia melepaskan tembakan kaki kanan ke pojok kanan gawang dari dalam kotak penalti setelah menerima umpan terobosan Alexis Sanchez. Cile unggul jauh 4-0. 

Vargaz mencetak hat-trick untuk Cile pada menit ke-57. Kali ini sontekan kaki kirinya tak mampu ditahan kiper Ochoa. Cile memimpin dengan skor 5-0. 

Vargaz benar-benar menjadi bintang timnas Cile pada pertandingan ini. Pemain berusia 26 tahun itu menciptakan gol keempatnya pada menit ke-74. Tembakan first time kaki kanannya bersarang ke pojok kanan gawang Meksiko. Puch mencetak gol keduanya pada menit ke-87 dan membawa Cile menutup laga dengan kemenangan 7-0. (b/ab)

Susunan Pemain:

Meksiko (4-5-1): 13-Guillermo Ochoa; 15-Hector Moreno, 2-Nestor Araujo, 7-Miguel Layun, 22-Paul Aguilar; 20-Jesus Duenas (9-Raul Jimenez 46'), 18-Andres Guardado, 16-Hector Herrera, 10-Jesus Corona (5-Diego Reyes 60'), 8-Hirving Lozano (21-Carlos Pena 46'); 14-Javier Hernandez. 

Pelatih: Miguel Herrera 

Cile (4-3-3): 1-Claudio Bravo; 18-Gonzalo Jara, 17-Gary Medel (3-Enzo Roco 60'), 15-Jean Beausejour (14-Mark Gonzalez 73'), 6-Jose Fuenzalida; 21-Marcelo Diaz (5-Francisco Silva 57'), 8-Arturo Vidal, 20-Charles Aranguiz; 11-Eduardo Vargaz, 7-Alexis Sanchez, 22-Edson Puch. 

Pelatih: Jorge Sampaoli