Banjir Bandang di Brazil Tewaskan 18 Orang

By Nad

nusakini.com - Internasional - Banjir besar telah menewaskan sedikitnya 18 orang dan lebih dari 280 orang terluka di wilayah timur laut Brasil, kata para pejabat.

Banjir telah mempengaruhi hampir 40 kota di seluruh negara bagian Bahia, Gubernur Rui Costa mengatakan kepada wartawan di kota Ilheus, salah satu yang paling parah dilanda banjir.

"Ini adalah tragedi besar. Saya tidak ingat pernah melihat hal seperti ini dalam sejarah Bahia baru-baru ini, mengingat jumlah kota dan rumah yang terlibat. Ini benar-benar menakutkan, ada begitu banyak rumah dan jalan yang benar-benar terendam air," kata Costa.

Lebih dari 35.000 orang telah dipaksa meninggalkan rumah mereka, menurut badan pertahanan dan perlindungan sipil Bahia.

Bendungan Duas Ilhas jebol di kota Jussiape Brasil pada hari Minggu (26/12), membuat sungai yang sudah meluap dan membanjiri daerah sekitarnya.

Walikota Jussiape Eder Aguiar menyalahkan perubahan iklim sebagai penyebab kekacauan ini. "Kita tahu hujan dapat dilihat sebagai berkah dari Tuhan, tetapi karena ketidakseimbangan ekologi yang kita, manusia, telah menyebabkannya, hujan yang turun bisa menjadi terlalu banyak, menyebabkan kerusakan serius," kata Aguiar.

“Dengan sangat sedih, saya dapat menyaksikan jebolnya bendungan Duas Ilhas, sumber utama air minum kota kami. Hal ini menyebabkan kenaikan permukaan sungai Contas secara tiba-tiba, menyebabkan jalan-jalan di kota kami menjadi banjir,” tambahnya.

Bendungan Duas Ilhas adalah bendungan kedua yang jebol dalam dua hari. Sebuah bendungan di kota Itambe, juga di Bahia, jebol pada hari Sabtu (25/12) malam.

Badan meteorologi dan pemantauan bencana alam Brazil memperingatkan ada risiko banjir dan tanah longsor tambahan di Bahia, dengan kemungkinan hujan berlanjut hingga setidaknya hari Selasa (28/12), menurut Agencia Brazil.