Bangga, Pemuda Indonesia Pimpin Organisasi Pemuda Internasional JCI

By Admin


nusakini.com-Chicago-Junior Chamber International resmi dipimpin oleh putra Indonesia, Alexander Tio, sebagai Presiden organisasi tersebut. Dalam sejarah JCI, baru kali ini pertama kalinya orang Indonesia memimpin organisasi pemuda global yang memiliki lebih dari 170.000 anggota di seluruh dunia. Kepemimpinan pemuda Indonesia ini juga merupakan sejarah bagi JCI sendiri yang secara berturut-turut dipimpin oleh wakil pemuda dari kawasan Asia Pasifik karena pada periode sebelumnya JCI dipimpin oleh pemuda Filipina. Setiap tahunnya, JCI dipimpin oleh seorang pemuda yang dipilih melalui mekanisme kongres yang dihadiri oleh perwakilan pemuda dari lebih dari 120 negara di dunia. 

Konsul Jenderal RI Rosmalawati Chalid menghadiri acara serah terima tugas dari Presiden JCI Brian Lim asal Filipina kepada Alexander Tio, pengusaha muda asal Medan yang saat ini menetap di Jakarta. Konjen Ati menyampaikan ungkapan kebanggaannya atas kepemimpinan pemuda Indonesia pada organisasi pemuda global JCI. Acara serah terima ini juga dilanjutkan dengan penaikan bendera Merah Putih pada markas JCI di kota Chesterfield - St. Louis dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya. Bendera kebanggaan rakyat Indonesia ini akan berkibar selama setahun sesuai periode kepemimpinan Alexander Tio. 

JCI merupakan organisasi pemuda global yang berasal dari Amerika Serikat dan bertujuan untuk memberdayakan pemuda melalui program kepemimpinan dan pengabdian pada masyarakat. Kepemimpinan pemuda Indonesia di JCI sepanjang tahun 2019 nanti merupakan kabar baik dan kado bagi peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Amerika Serikat. Di Indonesia, JCI telah memiliki berbagai cabang di berbagai kota. Pada awal pendirian JCI cabang Indonesia dahulu, organisasi ini memiliki pertalian dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). 

Sebagai Presiden JCI, Alexander Tio akan melakukan kunjungan kerja ke lebih dari 40 negara di seluruh dunia dan mengenalkan Indonesia serta kiprah pemudanya ke mancanegara. Alumni organisasi ini antara lain adalah Presiden Amerika Serikat Lyndon B. Johnson, G.R. Ford, John F. Kennedy, Richard M. Nixon, George H.W. Bush, dan Bill Clinton, serta Perdana Menteri Jepang Taro Aso dan Junichiro Koizumi. (p/ab)