Bandara Sukadana Kayong Utara Akan Mulai Dibangun Tahun Depan

By Admin


nusakini.com-Kayong Utara - Setelah kemarin meresmikan pencanangan pembangunan bandara baru di Singkawang, hari ini Selasa (19/2), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengunjungi lokasi rencana pembangunan Bandara Sukadana di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat pada Selasa (19/2). Pembangunan bandar udara yang akan dimulai tahun depan ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menciptakan konektivitas antar wilayah di seluruh Indonesia. 

"Kemenhub adalah satu tangan dari pemerintah untuk melaksanakan konektivitas, nah disitulah kita melakukan suatu rencana-rencana pembangunan bandara. Untuk Kalimantan Barat sendiri, kita merencanakan dua bandara. Satu di Singkawang, satu lagi di Kayong Utara," tutur Menhub. 

Dalam kunjungannya Menhub Budi menyampaikan rencana pembangunan bandara ini akan dimulai tahun 2020 mendatang, mengingat persyaratan teknis yang sudah dipenuhi. 

"Probabilitas pembangunannya sudah tinggi karena syarat-syarat teknisnya sudah memenuhi disini, obstacle, hamparan tanah, terus topografi semuanya sudah memenuhi. Tahun depan kita mulai bangun," jelasnya. 

Dengan adanya Bandara Sukadana, diharapkan Kabupaten Kayong Utara akan menjadi salah satu destinasi wisata dan dapat mendukung sektor pariwisata disekitarnya. Oleh karena itu, Menhub meminta agar seluruh pihak yang berkaitan untuk terus mendukung rencana ini dan melaksanakannya dengan baik. 

"Selanjutnya dengan adanya bandara ini membuat Kayong Utara menjadi suatu destinasi wisata karena banyak sekali tujuan wisata yang cukup baik yang bisa dilakukan. Oleh karenanya, kita minta semua stakeholder mendukung rencana ini," tutup Menhub Budi. 

Dalam kegiatan ini Menteri Perhubungan turut didampingi oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B. Pramesti, Direktur Bandar Udara Pramintohadi Sukarno, dan Bupati Kayong Utara Citra Duani. (p/ab)