Balai Gakkum Sulawesi Gelar Pelatihan Menembak di SPN Batua

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar-Menjalin kerjasama dengan Polda Sulsel di lapangan tembak SPN Batua Sulawesi Selatan menyelenggarakan Pelatihan menembak bagi polisi kehutanan dan pembinaan ASN Balai Gakkum Sulawesi. Selama 3 (tiga) hari ASN Gakkum selain menembak dirangkaikan arahan dari Dirjen Gakkum KLHK, Rasio Ridho Sani. Kamis 5 November 2019 pagi hingga malam hari.

Achmad Yusuf Arif berkenan membuka Pelatihan menembak bagi Pohut dan pembinaan ASN Balai Gakkum Sulawesi, Kepala Sub Bagian Tata Usaha mengucapakan terimakasih atas kedatangan peserta pelatihan, khususnya dari Manado, Palu dan Kendari.

"Terimakasih kepada para instruktur SPN Batua terkhusus yang terhormat Kapolda Sulsel atas izin dan kerjasamanya hingga terlaksananya pelatihan ini," ujar Acmad Yusuf.

"Saat menembak diminta perhatiannya tingkatkan kehati-hatian dan harus savety betul, tidak bisa bertindak sendiri-sendiri," kata Yusuf.

Kemudian Kompol Awaluddin menuturkan, senjata yang digunakan jenis senapan panjang merk atau tipe SS1 dengan jarak 25 meter kemudian jumlah peluru 15 butir menggunakan sasaran kelereng yang terdiri dari 15 ban. 

Secara teknis dilapangan instruktur akan memberikan arahan tentang penggunaan dan pelaksanaan menembak sasaran. 

"Menembak itu mudah, tetapi tidak kalah pentingnya masalah keamanan penggunaan senjata itu yang paling utama," kata Kompol Awaludin. 

Sebelum pelaksaan menembak, Kepala Balai Gakkum Sulawesi, Dodi Kurniawan, S.Pt. M.Si mengapresiasi acara ini, sekaligus kembali menandaskan, pelatihan menembak ini bukan mainan, terpenting adalah kutamaan keselamatan peserta pelatihan menembak.

Instruktur terdiri atas Kompol Awaludin, Soeharto, Ipda Rahmatullah dan PNS pembantu lapangan. Polisi Kehutanan (Polhut) Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah Sulawesi mengikuti latihan menembak di Lapangan Tembak Jananuraca, SPN Batua Makassar.

Lebih kurang sebanyak 113 orang Polisi Kehutanan, PPLH, PPNS dan Staf Gakkum Sulawesi antusias mengikuti pelatihan menembak.(R/Rajendra)