Bahasa, Salah Satu Faktor Kunci Hubungan Bilateral Indonesia-Rusia

By Admin


nusakini.com-Moskow--Hubungan baik antara Indonesia dan Rusia yang telah terjalin sejak masa-masa awal kemerdekaan merupakan salah satu pembahasan saat delegasi Journalist Visit Program (JVP) mengunjungi Institut Negara-negara Asia-Afrika Universitas Negeri Moskow (ISAA). 

Dari segi budaya, pertukaran bahasa adalah salah satu kunci hubungan Indonesia-Rusia. Di Indonesia terdapat dua perguruan tinggi yang mengajarkan Bahasa Rusia, yaitu Universitas Indonesia dan Universitas Padjadjaran. Sementara itu, di Rusia terdapat beberapa perguruan tinggi yang mengajarkan Bahasa Indonesia, salah satunya adalah Jurusan Bahasa Indonesia di Institut Negara-negara Asia dan Afrika (ISAA) Universitas Negeri Moskow. 

Mahasiswa Rusia tersebut sangat bersemangat untuk belajar bahasa, ekonomi, politik dan budaya indonesia. Saat ini lulusan jurusan bahasa indonesia dari ISAA banyak bekerja di berbagai sektor, mulai dari akademisi (doktor), bisnis, Kemlu Rusia, bahkan juga KBRI Moskow. 

Beberapa mahasiswa melakukan perjalanan dengan biaya sendiri ke Indonesia selama liburan musim panas untuk merasakan langsung kehidupan masyarakat dan budaya indonesia sambil mempraktekkan kemamuan bahasa Indonesia. 

Para siswa tersebut banyak menggunakan media sosial maupun media berita online dan youtube untuk berlatih dan mengasah kemampuan bahasa indonesia mereka.(p/ab)