Babinsa Koramil 11 Kaliwiro Melaksanakan Pendampingan Terhadap Petani Dalam Membajak Sawah

By Admin


Nusakini.com--Kaliwiro--Di jaman modern ini pun masih ada petani yang menggarap lahannya dengan cara tradisional, seperti pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 11 Kaliwiro Serma Ridho melaksanakan pendampingan terhadap petani dalam membajak sawah, di lahan seluas 750 m2 yang akan ditanami padi jenis Ciherang milik Bpk Karjo dusun Jojogan Desa Tracap Kecamatan Kaliwiro.

Ditengah gempuran kemajuan teknologi modern seperti traktor atau jenis motor pembajak sawah lainnya, masih ada masyarakat Indonesia yang menggunakan kerbau atau sapi untuk membajak sawahnya. 

Kita tentu mengenal karapan sapi di pulau Madura. Sebenarnya karapan sapi berawal dari penggunaan sapi untuk membajak sawah. Sedangkan penggunaan kerbau untuk membajak sawah masih banyak terdapat di daera Jawa Tengah. 

Masih lanjut Serma Ridho P, pengolahan menggunakan kerbau dipersawahan para Babinsa Koptu Wahyu, Serda Rojabin dan dengan sejumlah petani asyik dengan kegiatan mereka, ada yang menanam padi, ada yang sedang membawa bebek dan ada juga yang sedang membajak sawah.