ASEAN-China Centre Mendorong Penguatan Kerja Sama ASEAN - RRT

By Admin

nusakini.com--Wakil negara-negara anggota ASEAN dan RRT telah berkumpul di Guilin, RRT, dalam rangka mengikuti Pertemuan ke-7 Joint Council of the ASEAN China Centre. Pertemuan juga dihadiri oleh Sekretaris Jenderal ASEAN-China Centre (ACC) dan Sekretariat ASEAN belum lama ini.

Bertindak selaku Ketua Delegasi RI dalam Pertermuan tersebut adalah oleh Pelaksana Tugas Wakil Tetap RI untuk ASEAN Duta Besar Chilman Arisman dan didampingi oleh Direktur Kerja Sama Eksternal ASEAN Benny Siahaan.

Adapun beberapa agenda yang dibahas pada Pertemuan ini mencakup pembahasan rancangan Laporan Tahun 2017, usulan Rencana Operasional dan Program Kerja 2018 dan usulan Anggaran Pengeluaran Operasional 2018 serta berbagai hal lainnya terkait dengan operasional ACC. 

Dalam Sesi Pembukaan, Co-Chair Kuasa Usaha ad Interim Perutusan Tetap RRT untuk ASEAN menegaskan makna pentingnya ACC dalam mendorong penguatan hubungan persahabatan di antaran negara-negara ASEAN dengan RRT dan menyampaikan dukungan RRT terhadap sentralitas serta pembangunan Komunitas ASEAN. Dalam kesempatan yang sama,

Wakil Tetap Filipina untuk ASEAN menyampaikan pentingnya peran ACC sehingga masuk dalam berbagai dokumen bersama yang telah diadopsi oleh para Pimpinan ASEAN dan RRT serta merupakan platform bersama dalam mempromosikan kerja sama di bidang perdagangan, investasi, pariwisata dan sosial-budaya.  

Tahun 2018 memiliki makna khusus bagi ASEAN dan RRT karena bertepatan dengan Peringatan 15 Tahun Hubungan Kemitraan Strategis ASEAN-RRT dan dicanangkannya tahun 2018 menjadi ÔÇťASEAN-China Year of Innovation".  

Joint Council ASEAN-China Centre yang berkumpul secara rutin setiap tahunnya, merupakan organ tertinggi pembuat kebijakan dan memberikan arahan kebijakan kepada ASEAN China Centre dalam pelaksanaan operasionalnya. (p/ab)