Asa Terakhir Darije Jelang PSM menjamu PSS

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-PSM Makassar akan menjalani laga kandang terakhir Liga 1 2019 dengan menjamu PSS Sleman pada pekan ke-33 Liga 1 di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Minggu (15/12). Pelatih PSM, Darije Kalezic pun berharap Juku Eja bisa meraih tiga poin pada pertandingan besok. 

"Saya ingin pulang ke Eropa dengan rasa bahagia," ujar Darije pada sesi jumpa media di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Sabtu (14/12/2019). Pada kesempatan itu, Darije pamit dihadapan awak media Makassar. Rencananya Darije akan pulang ke negaranya pada 23 Desember atau sehari setelah PSM dijamu Persib Bandung.

Meski hanya semusim, pencapaian Darije di PSM terbilang baik. Acuannya, mantan pelatih Roda JC Kerkrade ini datang ketika tim sudah terbentuk. Meski begitu, Darije mampu membawa PSM menembus semifinal Piala AFC zona Asean dan juara Piala Indonesia. Setelah itu, penampilan PSM cenderung menurun. Bukan semata soal teknis seperti pemain absen karena cedera, akumulasi kartu atau dipanggil timnas. Tapi, juga pembayaran gaji dan bonus pemain yang tersendat. Keterlambatannya bervariatif antara 2-4 bulan. Termasuk Darije sendiri.

Meski selalu mendapat sorotan sebagai orang yang bertanggungjawab terkait menurunnya penampilan PSM, Darije selalu bergeming dan menutupi faktor non teknis. "Semua elemen tim sudah berusaha dan berjuang untuk PSM. Soal non teknis bukan wewenang saya untuk menjelaskannya," tegas Darije. (ab)