Arab Saudi Bangun Kilang Minyak di Cilacap

By Admin


nusakini.com - Kunjungan Pangeran Arab Saudi, Pangeran Alwaleed Bin Talal Bin Abdulaziz Alsaud, di Istana Bogor, Minggu (22/5/2016 ), menghasilkan beberapa kesepakatan, salah satunya adalah untuk memulai pembangunan kilang minyak di Cilacap, Jawa Tengah. 

"Dalam waktu dekat kilang minyak Cilacap itu akan dimulai proses pembangunannya. Besok pagi di Pertamina akan ditandatangani satu perjanjian untuk dilakukan 'basic engineering' yang menandai dimulainya proses pengembangan kilang Cilacap," ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, yang turut mendampingi Presiden Joko Widodo dalam pertemuan tersebut. 

Lebih jauh, Sudirman Said menjelaskan bahwa selain pengembangan kilang minyak di Cilacap, Aramco sebagai pihak yang terkait dalam kerja sama tersebut juga berkomitmen untuk mengerjakan dua kilang minyak lainnya, yaitu di Balongan (Jawa Barat) dan Dumai (Riau). 

Terkait dengan peran Indonesia terhadap Arab Saudi, pemerintah Arab Saudi memberikan kesempatan kepada Pemerintah Indonesia untuk membangun rumah sakit Indonesia di Arab Saudi. 

"Kita juga mendapat satu kesempatan untuk membangan rumah sakit Indonesia di Arab Saudi dan kita sudah mendapatkan alokasi tanah di sana," ucap Sudirman Said. 

Selain dua kerja sama tersebut, pemerintah Arab Saudi juga menjajaki kemungkinan untuk dapat bekerja sama di bidang investasi keuangan melalui kerja sama dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI), perusahaan pembiayaan infrastruktur yang dimiliki oleh pemerintah Indonesia. 

Kunjungan Pangeran Alwaleed merupakan bagian dari proses penguatan kerja sama ekonomi antara pemerintah Indonesia dengan Arab Saudi yang dimulai sejak kunjungan Presiden Joko Widodo pada September 2015.(if/mk)