Antusiasme Warga Peru terhadap Alutsista Produksi Indonesia

By Abdi Satria


nusakini.com-Lima-Untuk pertama kalinya Indonesia mengikuti pameran dwi-tahunan Salón Internacional de Tecnología para la Defensa y Prevención de Desastre (SITDEF 2019) atau Pameran Internasional Bidang Teknologi Pertahanan dan Pencegahan Bencana Alam yang berlangsung pada tanggal 16-19 Mei 2019 lalu di Kementerian Pertahanan Peru di Lima, Peru. 

Pameran yang dibuka oleh Presiden Peru, selain diikuti oleh Indonesia dan tuan rumah Peru, SITDEF diikuti pula oleh 30 negara lainnya antara lain Afrika Selatan, Amerika Serikat, Brazil, Bulgaria, China, Israel, Italia, Jerman, Korea Selatan, Kanada, Perancis, Polandia, Rusia, Swedia, Swiss, Turki dan Ukraina. Indonesia adalah satu-satunya negara ASEAN yang berpartisipasi dalam pameran selama 4 hari tersebut. 

KBRI Lima menampilkan produk dari tiga perusahaan BUMN Indonesia yaitu PT Pindad, PT PAL, dan PT Dirgantara Indonesia. Keikutsertaan Indonesia pada pameran SITDEF 2019 telah membuka cakrawala bagi pengunjung yang tidak mengenal Indonesia, bahwa Indonesia memiliki kemampuan yang ulung dalam teknologi industri pertahanan. Kehadiran nama Indonesia pada SITDEF 2019 ini telah membuat nama Indonesia dipandang kagum oleh pengunjung selama pameran berlangsung. 

Selama empat hari pameran, stand Indonesia telah dikunjungi sebanyak 809 orang pengunjung yang terdiri dari 118 orang pada hari pertama, 108 orang di hari kedua, 258 orang di hari ketiga dan 325 orang pada hari terakhir. Pengunjung terdiri dari prajurit dan perwira militer dari ketiga matra Angkatan Bersenjata dan Kepolisian Nasional Peru serta masyarakat umum Peru yang menunjukkan apresiasi atas kemajuan industri militer yang dimiliki oleh Indonesia. (p/ab)