Antisipasi Genangan, Lima Rumah Pompa di Kelapa Gading Disiapkan

By Admin


nusakini.com - Lima rumah pompa di Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara, telah siap mengantisipasi musim hujan. Pompa portable pun disiagakan untuk mengatasi genangan yang muncul dibeberapa titik rawan, saat hujan deras.


Kasatpel Sumber Daya Air Kecamatan Kelapa Gading, Rukmana mengatakan, untuk di rumah pompa total masing-masing terdapat tiga unit mesin. Dengan kapasitas sedot 1.500 liter per detik setiap mesinnya.


Rumah pompa tersebut berada di Jalan Yos Sudarso, Rumah Pompa Kirana, Rumah Pompa Kelapa Gading Don Bosco, Rumah Pompa Pulo Mas dan Rumah Pompa Asmi.


"Semua berada di bawah pengawasan Bidang Aliran Timur Dinas SDA DKI. Namun lokasinya ada di Kecamatan Kelapa Gading dan berfungsi dengan baik," kata Rukmana


Selain itu, untuk mengatasi genangan juga disiapkan 10 pompa portable atau pompa mobile. Setiap mesinnya memiliki kapasitas 200 liter per detik.


Pompa tersebut akan dioperasikan jika ada jalan yang tergenang, seperti di depan Mall Of Indonesia (MOI), Jalan RE Martadinata dan Jalan Yos Sudarso.


"Kemudian saluran penghubung dan kali yang menjadi urat nadinya Kelapa Gading juga sudah dikeruk. Diharapkan ini dapat mencegah terjadinya banjir atau genangan saat musim hujan," tandasnya.(pr/kj/al)