Anies Pastikan Kesiapsiagaan Antisipasi Banjir

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, kesiapsiagaan untuk mengantisipasi terjadinya banjir saat musim hujan terus dilakukan.

Menurutnya, upaya-upaya yang dilakukan yakni, mempercepat pembangunan drainase dan pengerukkan saluran. Selain itu, pompa-pompa juga disiagakan di titik rawan genangan maupun banjir.

"Kita terus lakukan langkah antisipatif. Ada lebih dari 450 pompa yang kita siagakan, semua dalam kondisi siap digunakan," ujarnya, di Balai Kota DKI Jakarta, 

Anies menjelaskan, Pemprov DKI juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas di lokasi-lokasi rawan banjir.

"Ada sejumlah titik yang sudah sering terkena banjir. Rekayasa lalu lintas itu penting untuk mendukung kelancaran mobilitas masyarakat," terangnya.

Anies menambahkan, sebagai langkah mitigasi, juga akan dilakukan simulasi di daerah rawan banjir. Selain itu, kesiapan logistik, khususnya air bersih dan sanitasi akan dipersiapkan dengan matang.

"Kita harus memastikan mekanisme penyaluran bantuan di berbagai tempat itu berlangsung cepat dan tepat sasaran. Saat ini ada lebih dari 30 titik rawan banjir yang dimonitor secara intensif," tandasnya.(pr/kj/al)