Andi Ilhamsyah Mattalatta: Bapak adalah Sosok Pejuang yang Sederhana dan Tanpa Pamrih

By Admin

nusakini.com--Andi Ilhamsyah Mattalatta, putra mendiang Mayjen (purn) Andi Mattalatta mengungkapkan pihak keluarga bersyukur atas pemberian penghargaan Bintang Mahaputra Utama oleh Joko Widodo selaku Presiden Republik Indonesia di Istana Merdeka, 9 November lalu. 

"Bapak adalah sosok pejuang yang sederhana dan tanpa pamrih. Karya yang telah beliau buat semata untuk kepentingan rakyat dan bangsa Indonesia, khususnya masyarakat Sulawesi Selatan," ujar Ilhamsyah pada malam syukuran atas pemberian penghargaan Bintang Mahaputra Utama di hotel Four Point, Sabtu (26/11) malam.

Menurut Ilhamsyah, ketulusan Andi Mattalatta dalam berkarya dibuktikan dengan menolak secara halus sejumlah penghargaan semasa hidupnya. Termasuk ketika namanya diusulkan sebagai nama jalan di Makassar. "Waktu itu bapak hilang, saya kan masih hidup. Kalau pun, saat saya sudah meninggal nanti, jangan mi diusulkan kalau nantinya jadi polemik," kenang Ilhamsyah.

Menurut Ilham, kepada anak-anaknya, Andi Mattalatta kerap mengajarkan arti dan bukti komitmennya sebagai terhadap bangsa sebagai prajurit TNI, komitmen terhadap budaya sebagai orang Bugis dan komitmen terhadap olahraga sebagai atlet dan pembina. "Kepada kami bapak berkali-kali menegaskan dirinya berbuat tanpa pamrih. Karena itu, semasa hidup beliau berpesan ingin dimakamkan di pekuburan keluarga bukan Taman Makam Pahlawan," ungkap Ilhamsyah.

Pada acara ini turut hadir Pangdam VII Wirabuana Agus Surya Bakti, Danlantamal VI Laksamana Pertama TNI Yusup S.E, Komisaris Utama PT. Semen Tonasa Idrus Paturusi, Budayawan yang juga mantan Dubes RI di Republik Ceko, Salim Said dan sejumlah tokoh di Sulawesi Selatan.

Dalam sambutannya, Idrus dan Salim mengungkapkan sosok Andi Mattalatta adalah teladan bukan hanya di kalangan militer tapi juga masyakarat luas. Keduanya pun mengusulkan pendirian patung dan nama jalan Andi Mattalatta di Makassar. "Beliau pantas diusulkan mendapat gelar pahlawan nasional," tutur Salim. (ab)