Alumni Lemhannas KADIN akan Gelar Konser Kebangsaan Di Hari Pahlawan

By Admin


nusakini.com--Tepat di hari pahlawan, sebagai bentuk partisipasi para Alumni Lemhannas Kadin dalam mengkampanyekan semangat kebangsaan di seluruh elemen anak bangsa, maka Wijaya Kesuma Kadin, yakni ikatan alumni Lemhannas Kadin akan menyelenggarakan KONSER KEBANGSAAN dengan tema “Bhineka Tunggal Ika”  di Ciputra Artpreneur, Jakarta. 

  Indonesia yang memiliki banyak potensi untuk lebih berkembang dan maju dinilai belum optimal dalam upaya pembangunan nasional. Nilai-nilai kebangsaan dan patriotisme yang seharusnya tertanam kuat di seluruh lapisan masyarakat kian terkikis dengan adanya infiltrasi budaya yang individualis tanpa memperhatikan nilai-nilai kebangsaan.    

“Kita harapkan nilai-nilai luhur budaya bangsa tetap terjaga, terutama dari sisi nasionalisme kita sebagai warga negara. Tak terkecuali bagi para pengusaha yang tetap menjaga dan mengembangkan wawasan kebangsaan dan patriotismenya untuk terus berkontribusi dalam menumbuhkan perekonomian,” ungkap Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani. 

Peran pengusaha, kata dia, mewarnai setiap langkah periode pembangunan ekonomi di seluruh tanah air, menciptakan keseimbangan pemerataan bagi keadilan ekonomi masyarakat sebagai motor penggerak roda perekonomian Indonesia. 

Rosan juga mengatakan, nilai kebangsaan dan patriotisme melalui semangat kewirausahaan bagi seluruh generasi perlu terus digelorakan demi mewujudkan Indonesia yang adil dan makmur.  

Kadin Indonesia, kata Rosan, mendukung penuh atas prakarsa para anggota Kadin yang tergabung dalam Wijaya Kesuma Kadin untuk menyelenggarakan acara Konser Kebangsaan. Melalui event itu, tambah dia, diharapkan wawasan kebangsaan di kalangan masyarakat, khususnya di kalangan pelaku usaha dapat tumbuh dan berkembang serta menjadi motivasi untuk terus bangkit, semakin kuat dan menjadi bangsa pemenang. 

Senada dengan Rosan, Ketua Wijaya Kesuma (Ikatan Alumni Lemhannas Kadin) Hariyadi B. Sukamdani menyatakan, pihaknya juga mendukung penuh penyelenggaraan Konser Kebangsaan. Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan bentuk nyata atas penghargaan dan media apresiasi untuk mengingatkan masyarakat sebagai generasi pengisi kemerdekaan agar selalu sadar untuk menjaga nilai-nilai kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta berkontribusi aktif mengisi kemerdekaan untuk Indonesia yang lebih baik. 

“Kami harapkan hari pahlawan tidak saja dipandang sebagai hari yang bersejarah saja, namun sekarang ini kita perlu memikirkan bagaimana cara mengisi kemerdekaan itu. Kepahlawanan hari ini adalah bagaimana kita turut serta dalam membangun, menjadi orang yang berarti dan memberikan dampak secara signifikan bagi perkembangan bangsa,” ungkap Hariyadi.

Dia menuturkan, para pengusaha masih banyak yang kurang mengerti dengan konteks kebangsaan dan hanya melakukan kegiataan bisnis untuk memperoleh keuntungan. Padahal, kata Hariyadi, kita memiliki national interest (kepentingan nasional) yang harus diperjuangkan bersama-sama. 

“Untuk mencapai itu tentu diperlukan nasionalisme melalui persatuan dan kesatuan kita yang nantinya akan menguntungkan bagi kepentingan nasional. Tak terkecuali bagi para pengusaha yang perlu menyamakan pandangannya terhadap kepentingan nasional ini,” kata Hariyadi. 

Menurutnya, penyebaran nilai-nilai kebangsaan harus terus dilakukan dan dipelihara. Selain membuat konser kebangsaan, pihaknya juga berencana akan membuat film bertema kebangsaan, menggelar event-event budaya dan kegiatan kebangsaan lainnya yang melibatkan para pelaku ekonomi. 

Di tempat yang sama Panitia Konser, Arif Hidayat mengatakan Konser Kebangsaan ini akan menampilkan para pengisi acara mulai dari penyanyi ibu kota seperti Marcell Siahaan, Rini Wulandari dan Kikan dengan Konduktor Orkestra Purwacaraka. Selain pagelaran musik, konser juga akan dilengkapi dengan aksi teatrikal yang menggambarkan perjalanan perjuangan bangsa Indonesia. 

“Kita akan ingatkan kembali dengan sumpah palapa pada zaman Kerajaan Majapahit yang bertekad untuk menyatukan daerah-daerah di Indonesia. Konsepnya kita kemas sesuai tema Bhineka Tunggal Ika. Konser nantinya akan berlangsung 2 jam mulai dari pukul 7 malam,” pungkas Arif. (p/ab)