Alexander Rossi Berpeluang Geser Posisi Rio Haryanto di Manor Racing

By Admin

nusakini.comPebalap cadangan Manor Racing, Alexander Rossi berpeluang menggeser posisi Rio Haryanto. Apalagi, sampai saat ini, manajemen Rio baru menyetor 8 juta euro (sekitar Rp 118 miliar) dari seharusnya 15 juta euro (sekitar Rp 222 miliar) pada tim Manor Racing. Dana ini wajib disetor bila Rio ingin membalap selama satu musim yang terdiri dari 22 seri. 

Sebagai pebalap cadangan, Rossi dikontrak selama 11 seri, dimulai dari GP Rusia. Kondisi ini harus diwaspadai oleh Rio Haryanto jika tak ingin tempatnya tergusur.

Rossi adalah salah satu pesaing utama Rio untuk mendapatkan tempat sebagai pebalap tim Manor Racing pada musim 2016. Ia sudah mendapatkan kesempatan sebanyak lima kali untuk tampil di ajang F1 bersama tim Manor Racing musim lalu.

Saat itu, Rossi menggantikan posisi Roberto Merhi yang menjadi pebalap di tim Manor Racing. Rossi mulai tampil di F1 pada balapan GP Singapura, GP Jepang, GP AS, GP Meksiko dan GP Brasil.

Proses pergantian Merhi dilakukan mendadak. Pebalap berusia 24 tahun itu bahkan baru diberitahu saat ia sudah sampai di Singapura, jelang sirkus F1 digelar di negeri Singa tersebut.

“Saya berangkat hari Senin dan ketika saya tiba di Singapura, tim baru memberitahu kabar bahwa tempat saya digantikan oleh Rossi,” ujar Merhi.

Tak dijelaskan secara detail kenapa Merhi sempat digusur oleh Rossi. Namun simak saja pernyataan pebalap asal Spanyol itu setelah kehilangan posisi. Meski tak menyebut secara terbuka, secara tersirat Merhi menyebut faktor ketersediaan dana menjadi hal yang sangat penting di ajang F1.

“Saat ini, dana adalah hal yang penting dan tidak mudah untuk mencari dana tersebut,” ujar Merhi seperti dikutip autosport.

Berkaca dari kasus tersebut dan ucapan tersirat dari Merhi, posisi Rio belum sepenuhnya aman di tim Manor Racing. Kalau saja hal yang terburuk hadir dan Rio Haryanto tak bisa melunasi kekurangan dana tersebut, bisa jadi ia hanya akan membalap selama setengah musim alias sebanyak 11 seri saja. (ab)