Akses Internet Broadband di Toraja Utara Sulsel Diresmikan

By Admin

Foto/dok. Kominfo  

nusakini.com - "Akses internet yang disediakan Kemkominfo merupakan pengobat keterisoliran kami dari kemajuan yang telah lebih dahulu dinikmati di kota", demikian disampaikan oleh Bupati Toraja Utara dalam sambutannya pada acara peresmian Akses Internet Broadband pada 17 Juli 2017 yang juga dihadiri oleh Menteri Kominfo, Bupati Tana Toraja, Ketua DPRD, Kapolres Toraja Utara, Dandim, dan perwakilan Direksi PT Telkom.

Kepala SMP 1 Sanggalangi Toraja Utara, salah satu lokasi yang menerima program akses internet dari total 20 lokasi di Toraja, menyampaikan bahwa program ini bermanfaat baik bagi proses pendidikan di SMP itu maupun manajemen pengelolaan sekolah. Dengan ketersediaan akses internet, SMP tersebut mengharapkan dapat mengikuti ujian nasional berbasis komputer walaupun baru 10% sekolah yang bisa menikmati fasilitas tersebut.

Menteri Kominfo dalam sambutannya menyampaikan kepada anak didik dan guru yang hadir pada saat itu untuk betul-betul memanfaatkan internet sebagai akses untuk memperoleh ilmu, pengetahuan, dan informasi. Rudiantara mengatakan, “Tahun 2030 adalah era yang penting karena tahun tersebut Indonesia akan menikmati bonus demografi, selain itu diprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia akan meningkat 2,5 kali lebih tinggi. Mempersiapkan masa tersebut, Pemerintah memfokuskan pada pengembangan SDM melalui pendidikan, antara lain melalui alokasi 20% APBN untuk Pendidikan”. Menkominfo menekankan bahwa semua upaya ini merupakan langkah awal yang sangat penting menuju Indonesia yang semakin baik.

Sebagai informasi, program internet broadband merupakan program pemerintah untuk menghubungkan semua sekolah dasar dan menengah pada tahun 2021 melalui internet kecepatan tinggi baik melalui solusi teresterial maupun nonteresterial. Selain itu pemerintah bersungguh-sungguh memastikan bahwa konten internet yang tersedia bersifat positif antara lain dengan membangun sistem white list agar seluruh konten mengarah pada jaringan dan situs-situs yang positif.

Di sela-sela kunjungan, Menkominfo juga berinteraksi langsung dengan siswa SMP yang sedang memanfaatkan internet dalam proses belajar mengajar, dan berkomunikasi dengan Kepala Sekolah SMP Rama Toraja Utara secara streaming dengan kualitas gambar dan suara yang sangat baik yang memanfaatkan bandwith yang telah disediakan oleh Kementerian Kominfo.(p/ma)