Akomodasi Makkah Siap 100%, Madinah Sebagian Sewa Full Musim

By Admin

nusakini.com-- Penyediaan layanan akomodasi bagi jemaah haji Indonesia di Makkah dan Madinah masih terus dilakukan. Staf Teknis Urusan Haji II Amin Handoyo mengatakan bahwa penyedian akomodasi di Makkah sudah selesai. 

“Akomodasi Makkah sudah 100%. Total ada 165 hotel yang disewa,” terang Amin melalui pesan singkat, Rabu (25/04). 

“Jarak terdekat dari Masjidl Haram Makkah 708 meter, berada di wilayah Rei Bahs. Adapun hotel terjauh dari Masjidil Haram berjarak 4.398 meter di wilayah Aziziah,” sambungnya. 

Untuk pengadaan hotel di Madinah, sudah selesai 50% dari kebutuhan jemaah dengan sistem sewa full musim. Saat ini, tim masih melakukan penyelesaian akhir sewa hotel di Madinah yang masih menggunakan sistem blocking time. 

“Total sudah disewa 32 hotel di Madinah. Jarak terdekat dari Masjid Nabawi adalah 10 meter, sedang terjaug 552 meter,” tutur mantan Kepala Daker Madinah pada musim haji 2017 ini. 

Menurut Amin, pengadaan layanan akomodasi di Madinah ditargetkan selesai pada 14 Mei mendatang. Total ada 160 pemilik hotel yang mendaftar untuk disewa oleh Indonesia. “Kami berharap hotel yang disewa jumlahnya tidak terlalu banyak, untuk memudahkan layanan,” jelasnya. 

Amin menambahkan bahwa saat ini tim akomodasi juga sudah mulai menyelesaikan konfigurasi penempatan jemaah sesuai dengan jadwal kedatangannya. 

Tim perumahan jemaah haji 1439H/2018M tiba di Arab Saudi pada 13 Februari 2018 lalu. Tim ini bertugas menyiapkan akomodasi bagi jemaah haji, baik di Makkah maupun Madinah. 

Tim perumahan terdiri dari 14 petugas Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU). Mereka akan bertugas selama tiga bulan (Februari – Mei) serta bekerja berdasarkan pedoman penyediaan akomodasi jemaah dan Standard Operating Procedure (SOP) yang telah disiapkan. Sebelum bekerja, mereka juga sudah menandatangani Pakta Integritas untuk melakukan yang terbaik bagi jemaah haji Indonesia.(p/ab)