nusakini.com--Malam puncak Tasyakuran Hari Amal Bhakti (HAB) ke-72 bersama Emha Ainun Najib (Cak Nun) dan KiaiKanjeng berakhir pukul 00.00 WIB. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berpesan kepada keluarga besar Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama (Kemenag) yang hadir agar beragama dengan sepenuh hati. “Beragamalah dengan sepenuh kerendahan hati,” kata Menag di Jakarta. 

Menag mengajak jajarannya untuk istiqomah dalam kerendahatian dan tidak saling merendahkan antar sesama. “Tebarkan kedamaian adalah bagian bentuk wujud kerendahatian kita dalam beragama. Tebarkan kedamaian di lingkungan kita masing-maaing, kapanpun dan di manapun kita berada,” tegas Menag. 

Senada dengan Menag, Cak Nun dalam kalam akhirnya mengatakan, bahwa setiap manusia meyakini kebenaran yang ada pada dirinya. “Kebenaran adalah urusan kita kepada Allah. Mari kita ciptakan keseimbangan dalam segala hal. Semoga kekuatan kita semua akan ditambahi untuk senantiasa menebarkan kebaikan dan kedamaian,” tandas Cak Nun.(p/ab)