Akhiri Masa Tugas, Dubes RI Seoul Bertemu Menlu Korea Selatan

By Admin

nusakini.com--Dubes RI John A. Prasetio bertemu dengan Menlu Korsel, Yun Byung-se  di kantor Kementerian Luar Negeri ROK pertengahan pekan lalu.

Pertemuan yang berlangsung sangat hangat dan penuh keakraban tersebut selain menjadi pertemuan penutup di penghujung masa tugas Dubes John sebagai diplomat RI yang sekitar 4,5 tahun memimpin KBRI Seoul di Korsel juga mencerminkan kedekatan hubungan kedua bangsa. 

Menlu Yun mengakui bahwa kunjungan kenegaraan Presiden Jokowi pada Mei 2016 lalu, telah menghasilkan berbagai kesepakatan kerjasama di berbagai bidang yang memperkuat hubungan bilateral kedua negara. "Capaian yang luar biasa ini terwujud berkat dukungan kuat dari Dubes John" demikian puji Menlu Yun. 

Menlu Yun mengapresiasi upaya Pemerintah RI dan Dubes John dalam memajukan hubungan kerja sama kedua negara yang kian pesat. “Indonesia merupakan sahabat baik Korsel dalam forum kerja sama bilateral, regional, dan global” ujar Yun. 

Menlu Yun memandang hubungan Indonesia dan Korsel dewasa ini sebagai "hubungan yang terdekat", terutama pada saat terjadi uji coba nuklir dan berbagai tindakan Korea Utara yang dipandangnya provokatif, Indonesia telah mengeluarkan pernyataan yang keras mengutuk hal tersebut. 

Sementara itu, Dubes John menyampaikan rasa hormat dan terima kasihnya atas dukungan dan kerja sama yang diberikan selama ini oleh Pemerintah ROK. Kerja sama kedua belah pihak kian berkembang di berbagai sektor, khususnya pada bidang perdagangan dan ekonomi. 

Investasi Korea kian tumbuh subur di Indonesia dengan masuk dan berkembangnya perusahaan-perusahaan terkemuka negeri ginseng seperti raksasa elektronik LG, Hankook Tires, Lotte Chemicals, POSCO, dan lain sebagainya. Mewakili sektor perbankan, Shinhan Bank akan mulai beroperasi di Indonesia pada 6 Februari mendatang. 

Selain itu Menlu Korsel turut menggarisbawahi komitmen kedua negara dalam menyukseskan forum Strategic Dialogue antar Wakil Menlu RI dan Korsel yang akan diselenggarakan di Jakarta pada 6-7 Februari yang akan datang. 

Duta Besar John A. Prasetio rencananya akan menuntaskan masa tugasnya dan kembali ke tanah air pada akhir bulan Januari 2017 ini. Ketika ditanya apa rencana sang Dubes usai menjabat, kepada Menlu Korsel Beliau menjawab “ingin santai dulu” sebelum kembali ke ranah asalnya sebagai seorang pengusaha. Sebelum menjabat sebagai Dubes RI, Dubes John pernah menjabat sebagai Ketua CBA Consulting Group sekaligus board member Bank Permata dan anggota dewan penasehat P&G Indonesia, Crowe Horwath Indonesia serta Mitsui Indonesia.(p/ab)