Akhiri Cuti Bersama Konsumsi Avtur Naik 8 Persen

By Admin

nusakini.com--Memasuki H+5 lebaran, yang merupakan puncak arus balik gelombang pertama setelah habis masa cuti bersama 11 – 20 Juni 2018, telah mendorong melonjaknya permintaan avtur secara nasional hampir 17 juta liter atau mengalami kenaikan sekitar 8 persen dari konsumsi rata-rata harian. Peningkatan avtur ini berada diatas prediksi rata-rata kenaikan nasional yaitu sebesar 5 persen selama arus mudik. 

Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito mengatakan, tingginya permintaan avtur secara nasional salah satunya didorong oleh masa cuti bersama yang panjang, sehingga banyak pemudik yang sekaligus memanfaatkannya untuk berlibur ke berbagai tujuan wisata di tanah air, seperti Bali dan Yogyakarta,  

Namun Adiatma menambahkan, Pertamina tetap berkomitmen untuk tetap menjaga stok avtur selama arus mudik dalam masa satgas RAFI 2018. 

"Penerbangan dengan pesawat lebih cepat dan lebih efisien dari sisi waktu, sehingga pemudik banyak yang menghabiskan masa liburan hingga batas terakhir masa cuti bersama,” ujar Adiatma.   

Menurut Adiatma, berdasarkan laporan Satgas Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2018, lonjakan permintaan avtur terjadi di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Denpasar lebih dari 10 persen, meningkat dibanding H+4 yang tercatat 9,5 persen. Lonjakan juga terjadi di DPPU Yogyakarta sekitar 7 persen, meningkat dibanding hari sebelumnya sebesar 6,5 persen. Sementara di Cengkareng, permintaan avtur meningkat hingga 3,5 persen, lebih tinggi dibanding kenaikan hari kemarin sebesar 3 persen.  

“Stok avtur di DPPU utama, terlebih yang menjadi tujuan wisata seperti Bali, Yogyakarta serta Cengkareng telah kita siapkan dalam kondisi aman. Petugas juga selalu siaga untuk melayani permintaan kenaikan avtur sesuai dengan peningkatan frekuensi jumlah penerbangan, ” ujar Adiatma.  

Meskipun masa cuti bersama telah usai, lanjut Adiatma, Satgas RAFI akan terus bekerja hingga H+15, karena masih banyak pemudik yang belum kembali ke kota tujuan maisng-masing. Gelombang arus balik masih akan terjadi pada akhir pekan ini serta pada pekan depan sejalan dengan masa berakhirnya liburan sekolah.  

“Satgas RAFI akan terus bekerja melayani para pemudik baik melalui jalur udara maupun jalur darat, agar semua pemudik bisa menikmati perjalanannya dengan aman dan nyaman,” jelas Adiatma.(p/ab)