AFP Sulsel Gelar Kursus Wasit Level II dan III Nasional

By Admin


nusakini.com-Makassar-Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sulawesi Selatan menggelar kursus wasit level II dan III nasional di Hotel Aswin Makassar, 8-14 Februari. Sebanyak 82 peserta mengikuti kursus ini dengan rincian 25 di level II dan 57 pada level III. 

Mereka berasal dari Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Kalimantan Timur dan Papua Barat. Sebagai instruktur, AFP Sulsel mendatangkan Ahmad Suparman dari Federasi Futsal Indonesia.

"Wasit adalah bagian dari pembinaan dan peningkatan prestasi futsal. Itulah mengapa kami berupaya menggelar kursus untuk meningkatkan kualitas wasit. Khususnya di Sulsel, " ujar Ahmad Sutanto, Ketua AFP Sulsel usai acara pembukaan, Jumat (8/2) petang.

Menurut Ahmad, khusus di Sulsel, jumlah wasit disetiap level adalah 8 (level I), 40 (level II) dan 75 (Level III). "Jumlah ini dinilai masih kurang mengingat maraknya perkembangan futsal di Sulsel," terang Ahmad.

Kedepan, lanjut Ahmad, AFP lebih tegas dalam memberi rekomendasi pelaksanaan turnamen futsal di Sulsel. "Setiap turnamen wajib memakai wasit berlinsensi dan mendapat rekomendasi dari AFP dan AFK," tegas Ahmad. (ab)