93 Saluran Penghubung di Jakbar Diperbaiki

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakbar terus melakukan perbaikan dan pemeliharaan 93 saluran penghubung (PHB) yang tersebar di delapan kecamatan. Perbaikan sudah berjalan sejak Januari hingga saat ini dengan alokasi anggaran sekitar Rp 52 miliar.


Kepala Seksi Pemeliharaan Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Barat, Juniarto Ardiansyah mengatakan, pemeliharaan saluran PHB yang dilakukan Pekerja Harian Lepas (PHL) di antaranya mengganti turap.


"Pemeliharaan juga termasuk pengerukan endapan lumpur, sehingga saluran mampu menampung banyak air saat hujan," ujarnya.


Ia menjelaskan, puluhan saluran PHB yang dilakukan pemeliharaan tahun ini merupakan aspirasi masyarakat (asmas) yang disuarakan melalui musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang). 


"Termasuk hasil reses dewan saat turun untuk menyerap aspirasi warga," jelasnya. 


Ia menambahkan, pihaknya saat ini fokus melakukan pemeliharaan saluran PHB dermaga Intercon, Kembangan, saluran PHB TPU Kemanggisan Pulo dan PHB Hankam, Palmerah.


"Hingga saat ini realisasi penggunaan anggaran sudah mencapai 70 persen lebih. Ini belum termasuk pembayaran gaji untuk pasukan biru," pungkasnya.  (pr/kj/al)