80,6 Persen Saham Semen Holcim Kini Milik Semen Indonesia

By Admin


nusakini.com - Jakarta - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) hari ini telah menyelesaikan transaksi pembelian saham PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB). Sekretaris Perusahaan PT Semen Indonesia Tbk Agung Wiharto membenarkan bahwa proses pembayaran telah diselesaikan hari ini. Total nilai transaksinya mencapai US$ 917 juta atau setara Rp 12,9 triliun.

"Hari ini kami telah menyelesaikan pembayaran. Sebelumnya ada persyaratan yang harus di penuhi. Hari ini kami resmi menyelesaikan pembayaran US$ 917 juta untuk 80,6% saham Holcim," ujarnya kepada awak media, Kamis (31/1/2019).

Agung mengatakan saat ini pihaknya tengah menyiapkan proposal untuk menyampaikan kepada OJK bahwa pihaknya telah menyelesaikan transaksi tersebut.

"Hari ini atau paling lambat besok kita sampaikan ke OJK kalau kami telah menyelesaikan pembayaran. 2 kali 24 jam paling lambat," sebutnya.

Seperti diketahui pada 12 November 2019 Semen Indonesia menandatangani perjanjian pengikatan jual beli bersyarat (Conditional Sales & Purchase Agreement) untuk mengambil alih 6.179.612.820 lembar saham (atau setara 80,6% kepemilikan saham) PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB), senilai US$ 917 juta. Saham itu sebelumnya milik Holderfin B.V yang merupakan anak usaha dari Lafarge Holcim, sebuah perusahaan yang bermarkas di Swiss. (s/ma)