75 Anak Ikut Kegiatan Mendongeng di RPTRA Green Marunda

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Sebanyak 75 anak dari beberapa sekolah Taman Kanak-kanak (TK), Senin (17/6), mengikuti kegiatan mendongeng di RPTRA Green Marunda, Kelurahan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara. 

Fadil (5), salah seorang siswa TK Al Muhajirin, mengaku senang mengikuti kegiatan ini karena selain dapat mendengarkan cerita dari pendongeng serta bisa bertemu dengan siswa dari TK lain.

"Seru ceritanya. Terus, saya juga bisa main sama teman-teman di RPTRA," ujarnya. 

Juru cerita dari tim dongeng dan literasi Jaringan Anak Nasional (Jaranan), Maharyani Yulianto menjelaskan, kali ini pihaknya membawakan kisah tentang seorang raja yang memetik pelajaran dari musibah yang membawa berkah. Ia bisa lolos dari maut lantaran sebelumnya mendapat musibah terluka. 

"Pesan moralnya, kita harus berprasangka baik pada Tuhan. Apapun takdir dari Tuhan adalah baik," tuturnya. 

Agar pesan moral yang disampaikan dapat dipahami, lanjut Maharyani, dirinya mengajak anak-anak untuk berinteraksi dan berpatisipasi dalam cerita. 

"Pesan moral yang disampaikan semoga dapat membangun karakter positif anak," katanya. 

Kepala Seksi Perpustakaan Suku Dinas Pusip Jakarta Utara, Iwan Hery Susanto menambahkan, kegiatan story telling atau mendongeng di RPTRA Green Marunda merupakan kali pertama setelah libur lebaran. Setelahnya, pekan ini kegiatan disambung di 22 lokasi lain. 

"Jadwalnya mulai Senin hingga Jumat ini di 23 lokasi. Target kita selama Juni ini bisa digelar di 25 lokasi," tandasnya.(p/ab)