715 Siswa Ikuti Kompetisi Sains Madrasah Provinsi Sulsel

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar -Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Sulawesi Selatan bergulir. Bertempat di MAN 2 Model Makassar, KSM dibuka oleh Wakil Gubernur Sulsel H. A. Sudirman Sulaiman, Kamis (15/08). 

Tampak hadir, Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel, perwakilan Direktorat KSKK Madrasah Ditjen Pendidikan Islam, Kepala Biro Kesra Pemprov Sulsel, Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sulsel serta sejumlah Rektor dan Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Makassar. KSM 2019 mengangkat tema “Integrasi Sains dan Islam Menuju Madrasah Hebat Bermartabat”. 

Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sulsel menyampaikan, KSM diikuti 715 peserta, terdiri dari siswa MI, MTs, dan MA. Mereka adalah para juara pada seleksi tingkat Kabupaten/Kota. Nantinya, hanya 11 orang peserta terbaik yang akan ikut pada KSM tingkat Nasional yang akan dihelat pada September mendatang di Kota Manado Sulawesi Utara. 

KSM memperlombakan sejumlah Bidang Study dan Sains, yaitu: Matematika, IPA, IPS, Biologi dan Geografi. Seleksi dilakukan dalam bentuk CBT (Computer Based Test) dan hasilnya diumumkan secara online secara realtime.

Kakanwil Kemenag Sulsel Anwar Abubakar menyebut KSM bukan semata ajang uji kemampuan dan kecerdasan bagi siswa Madrasah, tapi sekaligus ajang pembuktian bagi para guru madrasah. “Sampai di mana kemampuannya dalam membina anak didik kita di Madrasah,” ucap kakanwil. 

Mewakili Direktur KKSK Madrasah, Kasubdit Kesiswaan Nanik Pujiastuti menyampaikan bahwa di antara keunggulan madrasah adalah siswa tidak hanya mendapat ilmu dunia, tapi juga belajar memahami Sang Maha Ilmu. “Madrasah mengajarkan siswanya bukan hanya selalu berzikir, tapi juga pandai berpikir, tidak sekedar taat beragama tapi juga cinta negara,” ucapnya. 

Sebelumnya, Wakil Gubernur Sulsel A. Sudirman Sulaiman mengaku bangga melihat perkembangan madrasah. Menurutnya, madrasah saat ini bukan lagi menjadi pilihan kedua, tapi sudah menjadi pilihan utama bagi orangtua dan peserta didik.  

Hal ini, kata Sudirman, karena madrasah sudah memperlihatkan bukti nyata, baik dalam sisi akademik maupun non akademik. “Sejumlah madrasah bahkan sudah memperlihatkan prestasinya di event-event bergengsi, baik skala regional maupun nasional, bahkan internasional,” jelasnya. 

Usai membuka KSM, Wagub Sulsel didampingi Kakanwil berkeliling mengunjungi Stand Madrasah Expo yang memamerkan hasil kreasi, inovasi, dan prestasi siswa madrasah.(p/ab)