nusakini.com - Sebanyak tujuh ton sampah yang masuk dari 13 muara sungai ke perairan Kepulauan Seribu, berhasil diangkut Suku Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Seribu. 


Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu, Yusen Hardiman mengatakan, sampah ini merupakan imbas dari banjir yang melanda beberapa wilayah di Jakarta dan kota penyangga. 


Untuk mengangkut sampah tersebut, lanjut Yusen, pihaknya mengerahkan seluruh unit kapal catamaran, KM Bersih, germor dan puluhan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU). 


"22 unit angkutan sampah Kepulauan Seribu kita kerahkan. Hasilnya tujuh ton sampah per hari berhasil kita kirimkan ke Kaliadem untuk diolah di Bantar Gebang," ujar Yusen.


Lurah Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan, Cecep Suryadi menambahkan, sejak Rabu (22/2) kemarin, pihaknya menerjunkan petugas PPSU untuk mengangkat tiga ton sampah di Dermaga Jembatan Cinta, Dermaga Dishub dan Dermaga Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.  


"Hari ini kita bersihkan Pulau Payung, Tidung Kecil dan Tidung Barat. Kita bersihkan secara bertahap karena keterbatasan personil," terangnya.(pr/kj/al)