59 Tanaman Obat Keluarga Dikembangkan Di RPTRA Cibesut

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Cipinang Besar Utara (RPTRA Cibesut), Jatinegara, Jakarta Timur dilengkapi 59 jenis tanaman obat keluarga (Toga). Tanaman ini boleh dimanfaatkan oleh warga sekitar yang membutuhkan. 

Koordinator Pengelola RPTRA Cibesut, Rika Rostika mengatakan, penanaman Toga dilakukan di bagian taman mengelilingi RPTRA yang memiliki luas 1.700 meter persegi itu.

"Seluruh tanaman obat ini tumbuh subur dan setiap hari kita rawat. Kapanpun warga butuh bisa memanfaatkannya secara gratis," kata Rika Rostika, Rabu (3/4). 

Menurutnya, beberapa jenis tanaman yang ada di RPTRA Cibesut itu antara lain, jahe merah, gingseng jawa, kelor, insulin. Kemudian ada kumis kucing, temu lawak, temu ireng, jonggrang, mangkok-mangkokan dan sebagainya. 

Ia menyebut, seluruh tanaman obat keluarga ini khasiatnya sangat  banyak untuk kesehatan. Misalnya, Insulin untuk penurun kadar gula, daun kelor untuk penurun panas dalam, jahe merah untuk obat masuk angin dan sebagainya. 

Mujiati (38), seorang warga mengaku sangat senang dengan keberadaan RPTRA. Selain untuk ajang interaksi, silaturahmi juga memiliki banyak Toga.  

"Banyaknya Toga di RPTRA, warga bisa ikut merasakannya. Kalau ada yang sakit, kadang kita minta ke pengelola untuk memetik salah saru Toga sebagai obat," tandasnya.(p/ab)