580 Lulusan Universitas Terbuka Makassar mengikuti Upacara Penyerahan Ijazah 2019

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Universitas Terbuka (UT) Makassar melaksanakan Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) Tahun 2019 pada  Selasa (19/11) yang bertempat di Balai Prajurit Jenderal M. Yusuf, Makassar. 

Ada sebanyak 580 lulusan yang mengikuti UPI 2019, Mereka terdiri dari Program PGSD dan PAUD sebanyak 515 dan Non kependidikan sebanyak 65 orang yang terdiri dari S1 Jurusan Fisika, pendidikan bahasa Indonesia, S1 Manajemen, Ilmu Pemerintahan, Komunikasi, administrasi negara, perpustakaan, kearsifan, dan D2 perpustakaan. 

Wisudawan ini berasal dari 24 kabupaten/Kota di Wilayah UT Makassar yaitu Kota Makassar, Kabupaten Giwa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Selatar, Bulukumba, Sinjai, Soppeng, Bone, Palopo, Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Tana Toraha, Toraja Utara, Enrekang, Wajo, Sidrap , Pinranf, Barru, Pangkep, Maros, dan Pare-pare. 

Direktur Universitas Terbuka Makassar , Drs Hasanuddin, M.Si mengatakan Wisudawan harus siap untuk menjadi agen perubahan dengan literasi internet (Digital) dalam era revolusi 4.0 untuk berkompetisi meningkatkan kualitas keilmuan yang berdata saing tinggi. 

" Universitas Terbuka merupakan tantangan tersendiri bagi civitas akademik UT Makassar dan masyarakat untuk tanggap dengan literasi digital dan literasi informasi yang saat ini menjadi tren dalam dunia pendidikan dan dunia usaha. " Ungkapnya 

Sementara itu, Rektor Universitas Terbuka yang di wakili oleh Ketua LPPM UT, Prof. Dr.Karnedy, MA, menghimbau kepada segenap wisudawan baik selaku tenaga pendidik maupun non pendidik agar memberikan kontribusi yang nyata di tengah-tengah masyarakat, karena tantangan sesungguhnya yaitu bagaimana mengabdikan ilmunya ditengah-tengah masyarakat. Tanggung jawav besar selaku pendidik pada saat ini adalah bagaimana mewujudkab generasu Emas Indonesia tahu 2045. 

"Universitas Terbuka Makasaar sudah banyak melahirkan lulusan pada jenjang Program Diploma, Program Sarjana, dan Program Magister. Maka dari itu masyarakat Sulsel tidak boleh ketinggalan dan hanya menjadi penonton di tengah pesatnya kemajuan tersebut." tuturnya 

Sebagai Informasi, Mahasiswa yang dinyatakan sebagai wisudawan terbaik pada Upacara Penyerahan Ijazah Tahun 2019 atas nama Herlina Baso' Lasang, wisudawa yang berasal dari program studi S1 PAUD dengan memperoleh IPK 3.54. (r/rajendra)