5 Tips untuk Kesehatan Kulit

By Admin


nusakini.com - Perawatan kulit yang baik dan gaya hidup yang  sehat dapat menunda proses penuaan alami dan mencegah berbagai masalah kulit.

1. Lindungi Kulit dari Matahari
Sinar matahari langsung dan terus menerus dapat menyebabkan kerutan, penuaan dini dam berbagai masalah kulit bahkan bisa meningkatkan resiko kanker kulit
Gunakan krim pelindung matahari yg mengandung minimal SPF 15 dan oleskan setiap 2 jam atau lebih apalagi jika sedang berenang atau berkeringat
Hindari matahari langsung pada jam 10 pagi sampai jam 2 siang.

2. Jangan Merokok
Merokok membuat kulit kelihatan lebih tua  dan dapat menyebabkan kerutan. Merokok juga menyebabkan kerusakan kolagen dan elastin yang menjadi faktor kulit menjadi kencang dan elastis
Selain itu, ekspresi wajah berulang pada saat merokok - seperti mengerucutkan bibir dan menyipitkan mata juga menanmbah terjadinya keriput.

3. Merawat kulit dengan lembut
Mandi setiap hari dan bercukur dapat membantu kulit menjadi tetap lembut
Mandilah dengan air hangat dan hindari sabun yg terlalu kuat
Gunakan krim sebelum bercukur dan pakailah silet yang tajam dan bersih
Cukurlah sesuai dengan arah tumbuh rmbut, jangan sebaliknya
Setelah mandi, keringkan tubuh  dengan handuk dengan cara menyeka jangan menggosok agar kelembabaan kulit tetap terjaga
Jika kulit Anda kering maka gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit anda. Untuk penggunaan sehari-hari, pertimbangkan pelembab yang mengandung SPF.

4. Makan makanan yang sehat
Makan banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan protein tanpa lemak
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan yang kaya vitamin C dan rendah lemak dapat membantu kulit terlihat lebih muda.

5. Mengelola Stress
Stress yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif, memicu tumbuhnya jerawat dan menyebabkan berbagai masalah kulit
Agar dapat mendorong kulit tetap sehat dan pikiran yang sehat, ambil langkah-langkah untuk mengelola stres  dengan menetetapkan batas wajar pencapaian prestasi anda, jadwal ulang kegiatan kegiantan anda dan lakukanlah hal hal yang menyenangkan.

Dengan melakukan 5 tips sederhana diatas secara teratur maka hasil yang anda dapatkan mungkin lebih dari yang anda harapkan. (ja)