425 Orang Ajukan Pulang Dini, Kadaker Ingatkan Soal Penimbangan Bagasi

By Admin

nusakini.com--- Layanan paling sibuk setiap kali memasuki fase pemulangan, adalah layanan tanazul. Secara sederhana, tanazul diartikan dengan pengajuan yang dilakukan oleh jemaah untuk memajukan atau mengakhirkan kepulangannya ke Tanah Air. 

"Sampai saat ini, pengajuan tanazul sekitar 425 orang. Hal ini merupakan bentuk pelayanan kita kepada jemaah haji," kata Kepala Daker Makkah Arsyad Hidayat, Rabu (21/09). 

"Sampai saat ini, lebih dari 30 orang yang sudah dipulangkan ke Tanah Air dengan mekanisme tanazul," tambahnya. 

Menurutnya, tidak semua usul tanazul akan dikabulkan, tergantung pada alasan dan ketersedian seat pesawat. Setidaknya ada dua hal yang umum menjadi alasan pengajuan tanazul, yaitu: pertama, jemaah sakit yang karenanya mengharuskan jemaah dipulangkan lebih dulu dari kloternya, dan kedua, jemaah dengan keperluan tugas yang sangat mendesak dan harus segera diselesaikan di Tanah Air. 

Sehubungan dengan itu, Arsyad mengingatkan jemaah yang sedang mengajukan tanazul agar menimbang barang bagasinya tanpa menunggu adanya kepastian izin tanazul. Pilihannya ada dua, bagasi ditimbang bersamaan dengan kloter asalnya, atau diikutkan dengan kloter yang dituju. 

Terpenting, tegas Arsyad, koper jangan sampai tidak ditimbang dari Makkah karena tidak bisa dilakukan penimbangan di bandara. "Saat ini, sebagian jemaah yang mengajukan tanazul ada yang ragu apakah usulannya diterima atau tidak, sehingga mereka tidak menimbang barang bagasinya di kloter asal atau kloter yang dituju. Pada saat kloter yang dituju atau kloter yang baru berangkat ke bandara, mereka lalu membawa kopernya langsung ke bandara, dan di sana tidak bisa ditimbang," ujarnya. 

"Akhirnya yang terjadi, numpuk di Jeddah dan harus dikembalikan ke Makkah untuk dilakukan penimbangan, baik dengan kloter berikutnya atau kloter asalnya," imbuhnya. 

Arsyad mencontohkan, jika jemaah haji yang berasal dari kloter 20 lalu mengajukan tanazul untuk pulang bersama kloter 10, maka silahkan dipilih apakah bagasi akan ditimbang di kloter 10 ataukah 20. Barang bagasi itu pastinya akan dikirim sampai ke embarkasi masing-masing.(p/ab)