40 Desa di Kabupaten.Barru Sulsel Sudah Memiliki BUMDes

By Admin


nusakini.com - Barru - Disambutannya saat melepas perdana Tim Jelajah Desa Nusantara Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi, Kepala Balilatfo Kemendes PDTT, M Nurdin di Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu (27/4/2016), mengatakan bahwa capaian kabupaten Barru telah berhasil mendirikan dan mengembangkan BUMDes, dimana dari 40 desa yang ada di Barru, telah memiliki BUMDes seluruhnya.

Adapun Bupati Barru, Andi Idris Syukur menjelaskan, 60 % dari Rp 27 Miliar dana desa untuk kabupaten Barru sudah disalurkan ke kabupaten. Ini akan segera kita salurkan kesemua desa, setelah administrasinya lengkap

Andi Syukur mengatakan, Barru adalah kabupaten kecil yang hanya terdiri dari 40 desa dan 15 kelurahan. Dengan total jumlah penduduk kurang lebih 170 ribu jiwa. Meski demikian, Kabupaten Barru memiliki perhatian khusus terhadap percepatan pembangunan desa.

Sebagai informasi, tim jelajah desa nusantara akan berkeliling ke sejumlah desa di tiga pulau yakni Sulawesi, Jawa dan Sumatera. Rute pertama perjalan di Sulawesi, dalam hal ini dimulai di Kabupaten Barru Sulawesi Selatan, kemudian dilanjutkan ke Polewali Mandar, Donggala, Toli-toli, dan Gorontalo Utara.

Adapun pelepasan tim jelajah desa nusantara, dilakukan dengan penyerahan bendera star dari Bupati Barru kepada Kepala Balilatfo Kemendes PDTT, sebagai simbol bahwa perjalanan tim jelajah desa diawali dari Kabupaten Barru. Perjalanan tim jelajah desa ini nantinya, akan disambut oleh Presiden Ri, Joko Widodo di Gorontalo, 30 April mendatang.(if/mk)